• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Tapal Kuda

Cerita Emak-emak di Situbondo Pamit Keluarga demi Sukseskan Vaksinasi

Cerita Emak-emak di Situbondo Pamit Keluarga demi Sukseskan Vaksinasi
Prosesi pelantikan PAC Muslimat NU se-wilayah barat Situbondo. (Foto : NUOJ/Faturrahman)
Prosesi pelantikan PAC Muslimat NU se-wilayah barat Situbondo. (Foto : NUOJ/Faturrahman)

Situbondo, NU Online Jatim
Program vaksinasi di kawasan Tapal Kuda, khususnya Situbondo mengalami kendala. Sejumlah warga, bahkan tokoh lokal dengan tegas menolak upaya pemerintah tersebut. Ancaman vaksinasi gagal terbayang di depan mata. Namun antara lain berkat semangat emak-emak yang tergabung dalam Muslimat NU, vaksinasi sukses hingga 70 persen.
 

“Saya apresiasi betul kerja ibu-ibu sekalian yang selalu mendukung dan membantu pemerintah dalam hal apa pun, terutama sosialisasi vaksinasi,” kata Wakil Bupati Situbondo, Hj Khoirani, Sabtu (29/01/2022). 
 

Hal tersebut disampaikannya saat hadir pada pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU se-wilayah kerja barat meliputi Bungatan, Mlandingan, Suboh, Besuki, Sumber Malang, Jatibanteng, Widoropayung, dan Banyuglugur. Kegiatan berlangsung di aula Kecamatan Besuki.
 

Perempuan yang juga Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Situbondo tersebut sangat berterima kasih kepada para ibu yang pro aktif membantu pemerintah dan berharap terus bisa bersinergi.
 

"Hebat dan luar biasa, mereka (ibu-ibu) rela meninggalkan suami dan anak demi mensosialisasikan vaksinasi di daerah masing masing. Sehingga target vaksinasi dosis pertama di Situbondo saat ini sudah 70 persen," ungkapnya.
 

Tidak berhenti sampai di situ, wakil bupati juga akan terus melibatkan kepengurusan Muslimat NU. Hal itu demi mendukung program pembangunan berikutnya.
 

"Selanjutnya akan ada bantuan bantuan untuk warga miskin ekstrem, kami berharap agar Muslimat NU bisa membantu dalam pendataan dan lain-lain. Semoga ke depannya kita tetap bisa bersinergi,” harapnya.
 

Di kesempatan berbeda, Ketua PC Muslimat NU Situbondo, Nyai Hj Mas'udah Mu'is mengatakan seharusnya para Ketua PAC Muslimat ini dilantik dua tahun lalu.
 

"2019 seharusnya para pengurus PAC Muslimat NU di wilayah kerja barat Kabupaten Situbondo sudah dilantik, namun karena pandemi, jadi kita tunda. Karena wajib hukumnya untuk mengikuti apa yang disampaikan pemerintah," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Munir, Banyuglugur tersebut.
 

Selain itu Nyai Mas'udah juga meminta kepada pengurus dan warga untuk terus bekerja demi kemaslahatan NU. Dirinya juga mengapresiasi kinerja PAC Muslimat NU se-wilayah kerja barat Kabupaten Situbondo yang luar biasa. Padahal mereka masih belum menerima Surat Keputusan (SK), apalagi dilantik.
 

"Luar biasa kerja para ibu PAC Muslimat NU wilayah barat ini, walaupun belum mendapatkan SK dan belum dilantik, sudah bekerja luar biasa, mulai dari sosialisasi vaksin hingga membantu mensosialisasikan keluarga berencana atau KB," katanya.
 

Di akhir sambutan, dirinya berharap agar para pengurus bisa amanah dalam menjalankan tugas dan benar-benar berjuang di NU.
 

"Pesan saya kepada ibu-ibu sekalian, amanah dalam menjalankan tugas sebagai Muslimat NU, niat berjuang sungguh-sungguh untuk NU. Mari berjuang dan terus berjuang,” pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru