• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Metropolis

Jelang MTQ Se-Gresik, Kecamatan Sangkapura Bawean Gelar Seleksi

Jelang MTQ Se-Gresik, Kecamatan Sangkapura Bawean Gelar Seleksi
Salah satu peserta seleksi MTQ di Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Salah satu peserta seleksi MTQ di Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Pemerintah Kecamatan Sangkapura, Kabupaten Gresik menggelar seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Hal itu dilakukan jelang pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten. Menariknya, dalam lomba tersebut juga dilakukan diseleksi pemenang lomba tahfidz dari tingkat anak-anak 1 Juz hingga tingkat dewasa 30 Juz. Kegiatan dipusatkan di Pendopo Kecamatan Sangkapura, Senin (27/12/2021).


Dalam lomba tahfidz beserta tilawahnya ini, untuk tingkat Anak-anak Putra dan Putri kategori 1 juz sebanyak 13 peserta. Tahfidz 5 juz terdiri dari 6 peserta, Tahfidz 10 juz sebanyak 9 peserta, Tahfidz 20 juz 3 peserta dan Tahfidz 30 jus hanya terdaftar 2 orang peserta.


Ketua Pengurus Cabang (PC) Jam'iyatul Qurra' wal Huffadz Nahdlatul Ulama (JQHNU) Bawean , KH Nasiruddin menuturkan, seleksi MTQ tersebut dimaksudkan untuk mencari kader potensial untuk diikutsertakan dalam ajang MTQ tingkat Kabupaten. 


“Selain itu, juga untuk mengagungkan kemuliaan Al-Qur’an,” terangnya kepada NU Online Jatim.


Pihaknya berharap, dengan lomba semacam itu diharapkan bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan semangat dalam membaca Al-Qur'an.


“Tujuan dari Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) baik tingkat Anak-anak, Remaja atau Dewasa untuk mendekatkan diri terhadap Sang Pencipta dan kepada kitab suci, serta meningkatkan semangat membaca, mempelajari, serta mengamalkan kandungan Al-Qur’an,” ungkapnya.


Sementara itu, Camat Sangkapura, Bawean, M Syamsul Arifin mengatakan, seleksi MTQ ke XXX itu bertujuan untuk mencari peserta yang benar-benar layak untuk mengikuti ajang perlombaan di tingkat kabupaten mewakili Pulau Bawean.


“Para peserta seleksi ini berasal dari 17 desa di  Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik,yang berasal dari berbagai Dusun yang ada di Kecamatan Sangkapura," tuturnya.


Arifin berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memberikan semangat terhadap generasi penerus untuk bisa membaca Al-Qur’an dan mendidik supaya berakhlakul karimah.


“Semoga ikhtiar yang kita lakukan bermanfaat untuk semuanya,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru