• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Metropolis

Jokowi Tunjuk Menteri Sosial RI dari Keturunan NU

Jokowi Tunjuk Menteri Sosial RI dari Keturunan NU
Bu Risma (dua dari kiri) bersama para Bu Nyai Nusantara. (Foto: NOJ/bnn)
Bu Risma (dua dari kiri) bersama para Bu Nyai Nusantara. (Foto: NOJ/bnn)

Surabaya, NU Online Jatim
Tri Rismaharini yang akrab disapa Bu Risma ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Sosial Republik Indonesia dengan menggantikan Juliari Batubara.

“Yang pertama Ibu Tri Rismaharini. Kita tau semua bahwa Bu Risma adalah Walikota Surabaya, dan saat ini akan diberikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial,” kata Presiden Jokowi, Selasa (22/12/2020).

 

Perempuan yang lahir di Kediri, 20 November 1961 silam ini berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU) yang kental. Dirinya mengaku bahwa Mbah Jayadi merupakan kakeknya yang ikut mendirikan NU.

 

“Mbah Jayadi itu pendiri NU. Beliau kakek dari jalur bapak saya,” terangnya.

 

Lanjut Bu Risma, bahwa rumah kakeknya di kawasan Blauran, Surabaya sering ditempati para santri penggerak resolusi jihad yang merupakan gagasan KH Wahab Hasbullah.

 

“Menurut cerita yang saya dapat dari bapak, santri-santri itu dulu tidur di rumah kakek di daerah Blauran Gang 4,” ujarnya.

 

Selain itu, keluarga Bu Risma juga pernah menyimpan beberapa peninggalan leluhur yang kini tersimpan di Museum NU. Salah satunya sebuah batu berbentuk telur bernama Ndok Bledhek.

"Dulu digunakan oleh para pejuang untuk kekebalan. Jadi peluru yang ditembakkan itu hanya menembus pakaian, tapi bagian tubuhnya tidak apa-apa," jelasnya.

 

Dirinya pun mengungkapkan kebanggaannya menjadi keturunan NU sejak lahir.

 

“Jadi memang saya keturunan NU betul,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru