• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Metropolis

Kenang Syuhada KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen di Surabaya

Kenang Syuhada KRI Nanggala 402, TNI AL Bangun Monumen di Surabaya
Laksamana TNI Yudo Margono, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan monumen KRI Nanggala 402. (Foto: Istimewa).
Laksamana TNI Yudo Margono, saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan monumen KRI Nanggala 402. (Foto: Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Untuk mengenang pengabdian seluruh kru KRI Nanggala 402 yang gugur kepada bangsa, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) membangun sebuah monumen di area Ghoravira Madyajala, Koarmada II, Surabaya, Kamis (03/06/2021).

 

Pembangunan ini dimulai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan tepat 40 hari pasca gugurnya seluruh awak saat latihan di Perairan Bali, Rabu (21/04/2021) lalu.

 

Dilansir cnnindonesia.com, peletakan batu pertama pembangunan monumen kapal selam itu dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

 

Yudo, sapaannya menyebutkan, bahwa besar monumen yang akan dibangun sama persis dengan ukuran bentuk KRI Nanggala-402. Di dalamnya akan berisi sejarah pembangunan dan sejumlah kenangan dari para syuhada yang gugur.

 

"Besarnya satu banding satu, di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan kenangan pahlawan yang gugur bersama KRI Nanggala 402 April lalu," kata Yudo.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Sejarah TNI AL (Kadisjarahal) Laksamana TNI Supardi, dalam laporannya mengatakan, bahwa Monumen KRI Nanggala 402 akan dibangun di atas tanah seluas 842.5 meter.

 

“Proses pembangunan diperkirakan akan memakan waktu tiga bulan,” pungkas Supardi, dilansir rmoljatim.id.

 

Direncanakan monumen tersebut akan dibuka untuk masyarakat umum. Hal tersebut sebagai upaya agar semua (masyarakat) tahu kiprah pengabdian dan sejarah KRI Nanggala 402.


Metropolis Terbaru