• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Pentingkan Keselamatan Jama'ah Indonesia, Haji 2021 Dibatalkan

Pentingkan Keselamatan Jama'ah Indonesia, Haji 2021 Dibatalkan
Yaqut Cholil Qoumas, Menag RI saat konferensi pers soal haji 2021. (Foto: NOJ/yt)
Yaqut Cholil Qoumas, Menag RI saat konferensi pers soal haji 2021. (Foto: NOJ/yt)

Surabaya, NU Online Jatim

Pemerintah sudah mengambil keputusan setelah berdiskusi dan berdialog panjang dengan Komisi VIII DPR RI. Serta berbagai persiapan sejak 24 Desember 2020 dan melakukan diplomasi dengan Arab Saudi.

 

“Atas berbagai pertimbangan, Kementerian Agama RI menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 660 tahun 2021 tentang pembatalan keberangkatan haji pada tahun 2021,” kata Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI.

 

Pada surat tersebut Kementerian Agama RI menyebutkan jika pembatalan keberangkatan haji berlaku untuk kuota haji regular dan lainnya.

 

“Menetapkan pembatalan keberangkatan haji pada tahun 2021 pada kuota haji regular dan lainnya. Keputusan ini ditetapkan di Jakarta, Kamis (03/06/2021),” terangnya.

 

Helmy Faishal Zaini, Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengungkapkan bahwa salah satu tujuan beragama dalam maqashid syariah adalah hifdz nafs yaitu menjaga jiwa.

 

"Atas dasar pertimbangan ini marilah kita masyarakat Indonesia bersabar dan mengambil hikmahnya, serta tidak mengurangi niat kita untuk melaksanakan ibadah haji," ungkapnya.


Metropolis Terbaru