• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 9 Agustus 2022

Metropolis

Menag Umumkan Penyelenggaraan Haji 2021 Besok Siang

Menag Umumkan Penyelenggaraan Haji 2021 Besok Siang
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Istimewa)
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. (Foto: Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan akan mengumumkan tentang penyelenggaraan ibadah haji 2021 besok, Kamis (03/06/2021). Soal rencana pengumuman ini merupakan hasil keputusan bersama Menag dengan Komisi VIII DPR usai melaksanakan rapat tertutup, Rabu (02/06/2021).

 

Menurut menteri yang biasa disapa Gus Yaqut tersebut, pihaknya sebagai perwakilan pemerintah sudah berdiskusi dengan DPR RI tentang penyelenggaraan haji 2021.

 

"Komisi VIII DPR bersama dengan Kemenag sudah bicara mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z, kami berkesimpulan akan diumumkan secara resmi besok pukul 1 siang di Kantor Kemenag," katanya dilansir sindonews.com.

 

Gus Yaqut meminta agar keputusan ini dapat dipahami semua pihak. Pihaknya perlu mempersiapkan segala sesuatunya sebelum diumumkan kepada publik.

 

"Mohon dipahami, sabar sebentar. Assobru jamil, orang sabar, bagus, cantik. Besok kita akan sampaikan kepada publik, sabar sedikit kan harus ditata, harus benar," ujarnya.

 

Sebelumnya, Gus Yaqut menilai penanganan Covid-19 di Indonesia relatif bagus. Jika dibandingkan dengan negara yang saat ini sudah mengantongi izin masuk ke Arab Saudi, jumlah kasus Covid-19 Indonesia lebih sedikit.

 

Apalagi dibandingkan dengan Amerika Serikat yang menjadi negara dengan kasus tertinggi di dunia. "Kalau diurutkan, USA tertinggi jumlah kasus Covid-19 di dunia. Perancis di urutan 8, Italia urutan 9, Jerman urutan 17, sementara Indonesia di urutan 19 jumlah kasus Covidnya," ungkapnya dikutip NU Online, Selasa (01/06/2021).

 

Ia sendiri tidak mengetahui kriteria dan standar apa yang digunakan Arab Saudi sehingga Indonesia sampai saat ini belum mendapat izin masuk ke negara yang menjadi tuan rumah ibadah haji tersebut.

 

 

"Penanganan Covid saya kira menjadi isu penting. Penanganan Covid di Indonesia termasuk relatif bagus. Saya belum tahu kenapa warga Indonesia masih belum diizinkan masuk ke Saudi," kata Gus Yaqut dilansir dari laman Kemenag.


Editor:

Metropolis Terbaru