• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Metropolis

Keren, Siswi SMK Ma’arif di Sidoarjo Juara Olimpiade Matematika Nasional

Keren, Siswi SMK Ma’arif di Sidoarjo Juara Olimpiade Matematika Nasional
Nedhelin Meissyah Salsabilah (kiri), saat menerima penghargaan Olimpiade Matematika Nasional di Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).
Nedhelin Meissyah Salsabilah (kiri), saat menerima penghargaan Olimpiade Matematika Nasional di Unusida. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Nedhelin Meissyah Salsabilah, salah satu siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Ma'arif (YPM) 3 Taman Sidoarjo berhasil meraih juara 1 lomba matematika tingkat nasional.

 

Nedhelin, sapaan akrabnya, adalah satu-satunya peserta dari Sidoarjo yang juara dalam ajang Nasional Mathematics & Science Olympiad (NMSO) 2021. Ajang tersebut diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).

 

"Saya tidak menyangka bisa meraih juara 1 di ajang olimpiade tingkat nasional ini. Karena pesertanya cukup banyak dan itu dari sejumlah daerah di Indonesia,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Rabu (08/09/2021).

 

Siswi kelas akhir jurusan akuntansi tersebut menceritakan, bahwa ikhtiarnya dalam mempersiapkan diri ialah dengan belajar yang bersungguh-sungguh. Selain itu, dirinya mengaku juga kerap berlatih mengerjakan soal hingga akhirnya terbiasa.

 

"Bagi saya, matematika itu sering dianggap sulit oleh semua orang karena belum terbiasa. Ketika sudah terbiasa, mengerjakan soal latihan pastinya akan sangat mudah. Dan usaha saya berlatih itu akhirnya membuahkan hasil," ungkapnya.

 

Ia juga menyampaikan terima kasih atas bimbingan dan pendampingan dari para guru di sekolahnya. Selain itu, terima kasih pula kepada orang tuanya yang selalu berdoa dan memberikan support dari awal hingga menjadi juara.

 

"Terima kasih untuk kedua orang tua dan juga guru pendamping atas doa, bimbingan serta dukungannya selama ini," ujar Nedhelin.

 

Perempuan yang berdomisili di Desa Keboharan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo tersebut merasa bangga karena dapat menjadi juara pada ajang olimpiade tingkat nasional di Unusida.

 

Menurutnya, Unusida merupakan kampus NU yang bagus, sebab bisa menggelar lomba matematika dan sains tingkat nasional. Ajang ini menurutnya dapat menjadi pemicu atas semangatnya untuk terus belajar dan berprestasi.

 

 

"Semoga ilmu dan pengalaman ini bermanfaat. Bagi yang belum juara, mari tetap semangat,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru