• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 29 September 2022

Metropolis

Ketua Ranting NU di Gresik Bergelar Doktor, Disertasinya Angkat Ini

Ketua Ranting NU di Gresik Bergelar Doktor, Disertasinya Angkat Ini
Ketua Ranting NU Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, menjalani ujian terbuka atas disertasinya di UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/SH)
Ketua Ranting NU Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, menjalani ujian terbuka atas disertasinya di UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/SH)

Gresik, NU Online Jatim

Sulanam, Ketua Ranting Nahdlatul Ulama Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, kini berbahagia. Disertasinya berjudul “Interaksi Minoritas Mayoritas di Sekolah: Studi terhadap proses Adaptasi Negosiasi dan Pembentukan Identitas Siswa Minoritas dalam Ekosistem Sosial Pendidikan” diuji terbuka secara virtual di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya pada Senin (19/04/2021). Kini dia bergelar doktor.

 

Terkait disertasinya, Sulanam menjelaskan bahwa membangun basis relasi damai antarumat beragama harus dimulai sejak dini di lingkungan sekolah. “Anak anak perlu diajari untuk saling menghargai pada sesame," katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (20/04/2021).

 

Ia menambahkan, toleransi dan saling menghargai pada siswa di lingkungan akademisi lembaga pendidikan merupakan hal penting untuk memberikan pemahaman kepada yang mayoritas maupun yang minoritas.

 

Begitu juga dengan moderasi beragama, di lingkungan sekolah harus diajarkan dan dipraktikkan sehingga nanti bisa diterapkan pada masyarakat yang lebih luas.

 

Sulanam adalah aktivis NU yang kini mengajar di UIN Sunan Ampel Surabaya. Di kampungnya, ia aktif sebagai Ketua Ranting NU Wotan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik.

 

"Harapanya adalah semoga ini menjadi bagian hidayah, petunjuk atas keilmuan yang saya dapatkan dan bisa bermanfaat untuk umat," kata Sulanam.

 

Editor: Nur Faishal


Metropolis Terbaru