• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 30 April 2024

Metropolis

Lowongan Kerja Pegawai di Ibu Kota Nusantara, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Lowongan Kerja Pegawai di Ibu Kota Nusantara, Ini Syarat dan Cara Daftarnya
Ilustrasi Ibu Kota Nusantara. (Foto: NOJ/ BBC News)
Ilustrasi Ibu Kota Nusantara. (Foto: NOJ/ BBC News)

Surabaya, NU Online Jatim

Pemerintah membuka seleksi lowongan kerja sebagai Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang akan bertugas di Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Seleksi secara terbuka tersebut bakal dilaksanakan mulai Senin (20/02/2023) besok.


Pengumuman seleksi pegawai ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @ikn_id pada Jumat (17/2/2023) malam. Seleksi dimaksud sebagai wujud pemerintah dalam memberikan kesempatan menjadi bagian sejarah bagi putra dan putri terbaik bangsa.


Dilansir laman ikn.go.id/karier diakses NU Online, Sabtu (18/2/2023), pendaftaran dilakukan secara online melalui hwww.ikn.go.id/RekPPNPNOIKN hingga 24 Februari 2023 pukul 16.00 WIB.


Seleksi akan dibuka untuk mengisi posisi staf di 9 bidang, yakni:
 

  1. Sekretariat
  2. Unit Kerja Hukum dan Kepatuhan
  3. Deputi Bidang Perencanaan dan Pertanahan
  4. Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan
  5. Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat
  6. Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital
  7. Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam
  8. Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi
  9. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana.


Ada persyaratan umum yang harus dipenuhi pelamar, yakni meliputi:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki kualifikasi pendidikan paling rendah Sarjana (Strata 1) dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,0 (tiga koma nol) pada skala 4 dan Perguruan Tinggi yang terakreditasi Sangat Baik dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan persyaratan IPK minimal 3,2 (tiga koma dua) pada skala 4
  3. Berusia paling kurang 21 (dua puluh satu) tahun dan berusia maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun pada saat melamar
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkelakuan baik
  6. Mempunyai pendidikan formal, kecakapan, keahlian, dan keterampilan sesuai dengan syarat lain yang diperlukan dalam jabatan
  7. Mampu mengoperasikan media teknologi informasi dan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan yang dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari institusi terakreditasi nasional
  8. Disiplin dan berintegritas
  9. Bersedia ditempatkan pada wilayah penyelenggaraan organisasi Otorita Ibu Kota Nusantara.


Sementara tahapan seleksi meliputi:

  1. Pengumuman 17-24 Februari 2023
  2. Pendaftaran Secara Elektronik 20-24 Februari 2023
  3. Pemeriksaan dan Seleksi Administrasi 24-27 Februari 2023
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi 28 Februari 2023
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes 2 Maret 2023
  6. Pengumuman Hasil Tes Potensi Akademik (TPA) dan Psikotes 9 Maret 2023
  7. Wawancara 10-12 Maret 2023
  8. Pengumuman Akhir Seleksi 13 Maret 2023


"Pendaftaran hanya dilakukan dengan mengunggah dokumen sebagaimana di atas. Panitia seleksi tidak menerima lamaran melalui pos atau media lainnya," demikian dikutip dari pengumuman seleksi tersebut bernomor P.005/Otorita IKN/II/2023 tertanggal 17 Februari 2023 yang ditandatangani oleh Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara, Achmad Jaka Santos Adiwijaya


Untuk informasi lebih detail tentang seleksi pegawai di Ibu Kota Nusantara tersebut dapat dilihat di sini.


Metropolis Terbaru