• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 24 Juni 2024

Madura

Tips Sukses Raih Beasiswa Luar Negeri ala Penerima LPDP di New York

Tips Sukses Raih Beasiswa Luar Negeri ala Penerima LPDP di New York
Ach Zahid, penerima beasiswa LPDP di New York University, Amerika Serikat. (Foto: NOJ/ Moh Khoirus Shadiqin)
Ach Zahid, penerima beasiswa LPDP di New York University, Amerika Serikat. (Foto: NOJ/ Moh Khoirus Shadiqin)

Sumenep, NU Online Jatim

Kuliah di kampus ternama menjadi impian semua orang. Apalagi misal bisa memperoleh beasiswa hingga studi di luar negeri. Untuk mendapatkannya tentu tidak mudah, sehingga perlu Tips khusus agar keinginan itu dapat terwujud.


Ach Zahid, Alumni Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan membagikan tips memperoleh Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan. Menurutnya, tidaklah sulit untuk memperoleh beasiswa itu. Hanya saja perlu persiapan sebaik mungkin sehingga impian itu dapat terwujud dengan mudah.


"Hal yang penting yakni proses mengenali diri kita sendiri. Dari proses perkenalan itulah kita tahu apa kelebihan, kekuatan, komitmen dan kekurangan, serta cita-cita dan mimpi kita. Jika semua sudah kita kenali maka proses selanjutnya dalam meraih beasiswa akan lebih mudah," katanya kepada NU Online Jatim, Selasa (31/01/2023).


Alumni Pondok Pesantren Annuqayah Sumenep itu mengatakan, rata-rata pemberi beasiswa akan menguji beberapa kemampuan yang dimiliki. Di sana pendaftar perlu memaksimalkan potensi diri dan menyikapi segala kekurangan sebaik mungkin. Sehingga pemberi beasiswa tidak ragu dalam menentukan pilihannya.


"Biasanya, meminta para pendaftar untuk membuat esa, personal statement, dan lain sebagainya. Tentunya, kita harus memaksimalkan kekuatan diri yang dimiliki dan meminimalisir kekurangan-kekurangan yang ada," ujarnya.


Jika beasiswa itu LPDP, lanjut Zahid, maka di situ banyak membuka jalur pendaftaran. Pendaftar perlu mengetahui alur dan persyaratan masing-masing. Mulai jalur reguler, jalur daerah afirmasi, jalur prasejahtera, jalur santri, PTUD dan lainnya.


“Dari beberapa jalur tersebut ada beberapa dokumen yang persyaratannya berbeda-beda. Hal itu perlu diperhatikan dan disiapkan sebaik mungkin," ucap Mantan Presiden Mahasiswa UTM itu.


Terakhir, mantan aktifis PMII itu mengatakan, bahwa yang tidak kalah penting ialah kekuatan doa. Sebab selain usaha yang sungguh-sungguh, kekuatan doa juga menjadi penentu. Sepengalaman Zahid, dirinya tak lupa meminta doa terhadap orang tua, guru dan para masyayikh.


"Tahadduts bin nikmah, alhamdulillah kemarin berkat dukungan dan doa dari orang tua, guru dan  masyayikh akhirnya saya sampai di titik ini," pungkasnya.


Diketahui, Zahid merupakan penerima beasiswa LPDP luar negeri tahun 2021. Saat ini ia tengah menempuh Jurusan Master Management and System di New York University, Amerika Serikat.


Madura Terbaru