• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Metropolis

Mahasiswa Unusida Terbaik di Jatim Lolos Ajang Pilmapres Nasional

Mahasiswa Unusida Terbaik di Jatim Lolos Ajang Pilmapres Nasional
Mega Firdaus, mahasiswa Unusida saat menerima penghargaan. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).
Mega Firdaus, mahasiswa Unusida saat menerima penghargaan. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) tahun ini kembali lolos dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2021 yang diadakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

 

Dia adalah Mega Firdaus, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Bahkan, Mega dinyatakan sebagai terbaik pertama oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) di wilayah VII/Jawa Timur.

 

"Saya teringat dengat kata guru di SMA, yaitu Work Hard, Study Hard and Pray Hard. Itulah yang menjadi salah satu motivasi saya,"kata Mega.

 

Ia merasa senang bercampur haru karena tidak menyangka bahwa dirinya akan terpilih menjadi terbaik 1 di antara ratusan mahasiswa dari kampus ternama di Jawa Timur.

 

Mega bersama peserta Pilmapres lainnya akan mewakili Jawa Timur dalam kompetisi tahap kedua Pilmapres sarjana tingkat nasional. Peserta lain yang akan berjuang bersama Mega berasal dari Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

 

Selain itu ada pula mahasiswa dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim, Universitas Jember (Unej), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Universitas Ciputra (UC), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya, Universitas Islam Malang (Unisma), dan Universitas Islam Lamongan (Unisla).

 

Kepala LLDIKTI Wilayah VII Soeprapto,  secara langsung memberikan piagam penghargaan kepada Mega dan peserta lain yang berhasil lolos pada Rabu (18/8/2021) di kantor LLDIKTI Wilayah VII Surabaya.

 

Sebagai satu-satunya mahasiswa yang berhasil lolos dari kampus di Sidoarjo, Mega meminta dukungan dari semua pihak untuk menghadapi beberapa seleksi ke depan yang pastinya akan lebih berat.

 

Karena akan bersaing dengan mahasiswa perwakilan berbagai daerah di seluruh Indonesia. Meskipun begitu, ia tetap yakin dan optimis akan mendapat hasil yang maksimal karena capaian mahasiswa Unusida kali ini mengungguli capaian mahasiswa terdahulu.

 

"Rasanya sangat bangga dan masih tidak menyangka rasanya dapat terpilih menjadi terbaik 1 dalam Pilmapres kali ini. Mohon dukungan dan doanya, terutama dari keluarga besar Unusida agar dapat meraih hasil terbaik pada tahap selanjutnya," ungkap mahasiswi yang juga pernah lolos ASEAN Virtual Journey di tahun 2020 lalu.

 

Mega merupakan mahasiswa yang rajin menulis sehingga saat ini berhasil mengantongi sertifikat penulis buku profesional nonfiksi oleh LSP PEP dan BNSP mengaku sangat terbantu dengan banyaknya karya tulis yang telah dibuat.

 

Ia menjelaskan, keberhasilannya kali ini berkat dari usaha dengan banyak mencari informasi lomba, beasiswa, dan juga webinar untuk menambah wawasan pengetahuan.

 

"Saya lampirkan portofolio karya-karya saya dan saya persiapkan selama 2 tahun. Gagasan kreatif tentang pembangunan paradigma kuliah sepertinya meloloskan saya jadi yang terbaik kali ini," terang Mega.

 

Penilaian Pilmapres tahun ini terdiri dari video presentasi Bahasa Inggris, penilaian Capaian Unggulan (CU), dan penilaian Gagasan Kreatif (GK) atau Produk Ilmiah (PI).

 

 

Rektor Unusida H Fatkul Anam mengaku bangga dengan capaian mahasiswanya tahun ini. Karena Mega  berasal dari kampus NU yang masih baru berdiri, tetapi bisa bersaing dan mengalahkan kampus-kampus besar di Jawa Timur.

 

Penulis: Maschan Yusuf

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru