• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 9 Desember 2022

Metropolis

Menuju Diklatama, DKC CBP-KPP Surabaya Lakukan Ziarah Pendiri NU

Menuju Diklatama, DKC CBP-KPP Surabaya Lakukan Ziarah Pendiri NU
Pengurus CBP-KPP IPNU dan IPPNU Kota Surabaya di pesarean KH Ridwan Abdullah. (Foto: NOJ/Hisam Malik)
Pengurus CBP-KPP IPNU dan IPPNU Kota Surabaya di pesarean KH Ridwan Abdullah. (Foto: NOJ/Hisam Malik)

Surabaya, NU Online Jatim

Persiapan demi kelancaran serta kesuksesan Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) Dewan Koordinasi Cabang (DKC)  Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP)  Kota Surabaya terus dilakukan. Dari hal yang sangat teknis, sampai masalah penting agar mendapat perhatian.

 

Salah satunya yang dilakukan adalah ziarah ke makam para waliyullah dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Kegiatan sebagai sarana tawassul dan izin secara batin yang dilakukan pengurus DKC CBP-KPP Kota Surabaya.

 

“Kami telah menyiapkan semua hal, baik dari secara kepanitiaan dan teknis,” kata Achmad Zamzami, Kamis (17/12/2020).

 

Komandan DKC CBP Surabaya tersebut menjelaskan bahwa yang dilakukan dengan menggelar doa melalui ziarah kepada makam Sunan Ampel dan KH Ridwan Abdullah selaku pencipta lambang NU.

 

“Persiapan teknis sudah kami rapatkan jauh-jauh hari, sehingga kita lakukan ziarah bersama sebagai salah satu ikhtiar batin untuk kelancaran kegiatan Diklatama ini,” jelasnya.

 

Dikatakan, ziarah juga agar menjadi teladan para pengurus yang baru. Bahwasanya setiap akan melakukan kegiatan setidaknya setelah melakukan persiapan teknis juga diharuskan ziarah dalam artian sekalian izin kepada para pendahulu.

 

“Dalam ziarah juga bisa menjadi bahan perenungan kita untuk mengenang dan meneladani jasa para muassis sebagai salah satu semangat kita berorganisasi di dalam badan otonom NU,”pungkasnya.

 

Komandan DKC KPP Surabaya, Sahnaz Nabila menjelaskan dengan ziarah diharapkan menjadi tambahan kepercayaan diri pengurus untuk menangani Diklatama.

 

“Selain menambah kepercaya diri, dengan sering berkumpul seperti ini pengurus CBP-KPP Surabaya semakin kompak untuk mengurus kegiatan yang ada,” jelasnya.

 

Sahnaz berharap semua pengurus untuk tetap menjaga amaliah NU baik secara pribadi maupun mengajak orang terdekat.

 

“Semoga kita diberikan kekuatan dan kemampuan untuk terus berkumpul bersama untuk belajar berkhidmat di organisasi yang didirikan oleh para waliyullah ini,” harapnya

 

DKC CBP-KPP IPNU-IPPNU Kota Surabaya menggelar Diklatama 8 hingga 10 Januari 2021. Kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Trawas, Mojokerto.

 

Corps Brigade Pembangunan (CBP) adalah suatu lembaga yang dibentuk dalam satu koordinasi untuk mengawal pembangunan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama atau IPNU. Sedangkan untuk Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) disebut dengan KPP atau Korp Pelajar Putri.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru