• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Muslimat NU dan LAZISNU di Surabaya Istiqamah Keliling Kampung Beri Santunan

Muslimat NU dan LAZISNU di Surabaya Istiqamah Keliling Kampung Beri Santunan
Penyaluran santunan anak yatim dan dhuafa oleh PAC Muslimat NU dan LAZISNU Tandes, Surabaya. (Foto: NOJ/ Hisam Malik)
Penyaluran santunan anak yatim dan dhuafa oleh PAC Muslimat NU dan LAZISNU Tandes, Surabaya. (Foto: NOJ/ Hisam Malik)

Surabaya, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Tandes, Kota Surabaya bersama NU Care-Lembaga Amil Zakat lnfaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) setempat istiqamah keliling kampung memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa. Penyaluran santunan tersebut menyasar ke sejumlah ranting yang juga diisi dengan pengajian.


Kali ini, pengajian dan santunan anak yatim dan dhuafa tersebut dipusatkan di Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU Balongsari, Rabu (06/07/2022). Adapun anak yatim dan dhuafa yang menerima manfaat tersebut sebanyak 40 orang.


“Memang setiap bulannya kita pengurus Muslimat NU Tandes bersama LAZISNU melakukan safari ke seluruh kelurahan untuk menggelar pengajian serta penyaluran hasil donasi masyarakat kepada para anak yatim dan dhuafa,” ucap Ketua PAC Muslimat NU Tandes, Nyai Hj Lilik Erfawati.


Ia menjelaskan, dalam safari tersebut masyarakat juga diberikan edukasi terkait ke-NU-an agar terus berpegang teguh dan melanjutkan perjuangan, serta cita-cita para pendahulu Negara Kesatuan Republik lndonesia (NKRI).


“Hal ini juga sebagai penguatan kepada masyarakat yang berada di perkampungan agar tidak mudah dipengaruhi oleh aliran-aliran yang mengancam terhadap NKRI,” jelasnya.


Nyai Lilik Erfawati pun menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus Muslimat NU dan LAZISNU yang turut membantu dalam pelaksanaan kegiatan tersebut setiap bulannya.


“Semoga niat dan aktivitas baik kita tercatat sebagai amal baik dan juga bisa dilanjutkan oleh anak cucu kita ke depannya,” ungkapnya.


Sementara Ketua NU Care-LAZISNU Tandes, Lutfi Ansori menuturkan kegiatan ini bagian dari program kerja sama dengan badan otonom (banom) NU untuk menyalurkan hasil donasi kepada masyarakat yang membutuhkan. Terutama bagi mereka yang belum tersentuh oleh program pemerintah.


“Dengan ini tentu kita akan memiliki data masyarakat mana yang belum terdata. Sehingga dengan nantinya dapatkita laporkan pihak kelurahan dan kecamatan agar ditindaklanjuti,” jelasnya.


Lutfi Ansori berharap, dengan memperbanyak kegiatan seperti ini dapat menyentuh dan membantu masyarakat di perkampungan agar mendapatkan haknya dan hidup lebih baik lagi.


“Karena mereka juga mempunyai hak yang sama dengan lainnya untuk hidup sejahtera,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru