• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Metropolis

Nahdliyin, Catat 12 Pintu Tol di Jatim yang Disekat Jelang Idul Adha

Nahdliyin, Catat 12 Pintu Tol di Jatim yang Disekat Jelang Idul Adha
Ilustrasi ruas Tol Transjawa di Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Foto: NOJ/NF)
Ilustrasi ruas Tol Transjawa di Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. (Foto: NOJ/NF)

Surabaya, NU Online Jatim

PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memperluas penyekatan di tol wilayah Jawa Timur selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) dan menjelang Idul Adha. Dari semula 10 hanya 10 pintu tol (GT), kini menjadi 12 GT.

 

Ke-12 GT di Jatim yang disekat itu ialah GT Ngawi, GT Nganjuk, GT Penompo, Exit GT Sidoarjo 1, GT Pandaan, GT Bangil, GT Rembang, Exit GT Purwodadi, Exit GT Lawang, Exit GT Singosari, Exit GT Pakis dan Exit GT Malang.

 

"Kami berkoordinasi pihak Kepolisian dan TNI untuk mendukung pelaksanaan pembatasan tersebut, dengan melakukan pengaturan lalu-lintas di beberapa titik lokasi di jalan tol Jasa Marga Group," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, dalam keterangan tertulis pada Jumat (16/07/2021).

 

Ia menjelaskan, di lokasi penyekatan petugas melakukan pemeriksaan secara situasional. Mekanisme penyekatan sama dengan sebelum-sebelmya. Kendaraan yang melintas dibolehkan hanya mengisi 50 persen dari kapasitas penumpang dan pengendara menggunakan masker.

 

Selain itu, Heru menambahkan bahwa pengendara juga diharuskan membawa persyaratan perjalanan, seperti sertifikat vaksin, surat hasil tes negatif PCR atau Antigen dan surat tugas/Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP). Bila tidak memenuhi semua syarat itu, maka pengendara akan diputararah.

 

"Beberapa kriteria kendaraan yang diperbolehkan melintas selama masa PPKM berlangsung, yaitu kendaraan angkutan logistik, kendaraan dari sektor esensial dan kendaraan dari sektor kritikal, termasuk kendaraan TNI, nakes serta emergency," ujar Heru.

 

Yang perlu dijadikan catatan, dari ke-12 GT itu, ada sebagian yang bahkan ditutup sama sekali. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko sebelumnya mengungkapkan, sedikitnya lima GT yang ditutup sejak beberapa hari lalu.

 

“Jalur tol yang ditutup yaitu GT Pakis, GT Madyopuro, GT Lawang, GT Purwodadi dari arah Malang, dan GT Sidoarjo yang mengarah ke Kota Sidoarjo,” katanya dalam pesan singkat beberapa waktu lalu.


Metropolis Terbaru