• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Metropolis

Nahdliyin, Jangan Takut Jika Ada Ambulans Vaksinasi Door to Door

Nahdliyin, Jangan Takut Jika Ada Ambulans Vaksinasi Door to Door
Forkopimda Jatim saat meluncurkan ambulans vaksin door to door di Markas Polda Jatim di Surabaya, Rabu (14/07/2021). (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Forkopimda Jatim saat meluncurkan ambulans vaksin door to door di Markas Polda Jatim di Surabaya, Rabu (14/07/2021). (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, NU Online Jatim

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur meluncurkan puluhan ambulans untuk mempercepat penanganan Covid-19 pada Rabu (14/07/2021). Bukan untuk membawa orang sakit, ambulans-ambulans itu adalah tim vaksinator yang akan mendatangi rumah-rumah warga yang belum tersentuh program vaksinasi.

 

Ambulans vaksinasi itu dilepas pejabat Forkopimda Jatim di Markas Polda Jatim di Surabaya. Hadir di antaranya Kepala Polda Jatim Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta, Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Suharyanto, dan Plh Sekretaris Daerah Pemprov Jatim Heru Tjahjono.

 

Sementara ini, ada 29 unit ambulans yang dilepas untuk melaksanakan vaksinasi. Tiap ambulans berisi empat petugas tim vaksinator. Mobil tersebut dilengkapi dengan cool box vaksin dan emergency kit untuk KIPI. Masing-masing ambulans membawa 50-100 dosis vaksin.

 

"Program ini dinamakan vaksinasi door to door, dilaksanakan bersama oleh tiga pilar, yakni pemprov, TNI dan Polri dengan 29 kendaraan ambulans yang masing masing berisi empat personel tenaga kesehatan," kata Irjen Nico.

 

Ia menjelaskan, sasaran tim vaksinasi door to door adalah warga yang belum tersentuh program vaksin. Teknisnya, tim akan mendatangi rumah warga. Mereka yang belum disuntik vaksin cukup menunjukkan KK dan KTP lalu disuntik vaksin di tempat.

 

Ambulans vaksin door to door itu adalah salah satu upaya Forkopimda untuk mempercepat capain target vaksinasi yang dicanangkan pemerintah. Apalagi, masyarakat begitu antusias sehingga tempat vaksinasi di gerai dan pusat kesehatan masyarakat selalu dipenuhi warga.

 

"Saya berharap kepada masyarakat bahwa vaksinasi ini bagian dari program vaksin yang besar. Sudah ada vaksinator yang ada di semua daerah, baik di desa, puskesmas maupun gerai - gerai vaksin yang dimiliki pemprov, TNI maupun Polri, ayo segera datang daftar dan melaksanakan vaksin," ujar Nico.


Metropolis Terbaru