• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

NU Jatim Apresiasi Terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama

NU Jatim Apresiasi Terpilihnya Gus Yaqut sebagai Menteri Agama
H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) akan dilantik sebagai menteri agama. (Foto: NOJ/Istimewa)
H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) akan dilantik sebagai menteri agama. (Foto: NOJ/Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Terpilihnya H Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) sebagai Menteri Agama Republik Indonesia diapresiasi sejumlah kalangan. Kabinet reshuffle dengan mengganti enam menteri sekaligus diharapkan semakin meningkatkan kinerja pemerintah duet H Joko Widodo KH Ma’ruf Amin.

 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ikut memberikan tanggapan keputusan presiden tersebut. KH Abdussalam Shohib mengemukakan bahwa ditunjuknya Gus Yaqut sebagai menteri agama sebagai pilihan tepat.

 

"Karena beliau masih cukup muda. Sementara gairah keagamaan di Indonesia yang dialami milenial ini sangat luar biasa," ujar Wakil Ketua PWNU Jatim ini, Selasa (22/12/2020). 

 

Kiai yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang tersebut berharap keberadaan Gus Yaqut bisa menjadi leader dalam moderasi agama. Sebab, belakangan ini isu yang berkaitan agama sangat keras . 

 

“Terlebih Gus Yaqut juga mempunyai banyak pengalaman di Ansor serta jaringan yang kuat sebagai DPR RI. Ditambah dengan latar belakang pendidikan pesantren,” kata Gus Salam, sapaan akrabnya. 

 

Yang juga menjadi nilai lebih adalah bahwa terpilihnya Gus Yaqut menjadi harapan tersendiri bagi pesantren. 

 

"Dia juga seorang kiai yang tahu detail pendidikan pesantren dan madrasah yang kami rasa ada kesenjangan. Padahal faktanya yang menjadi pejuang terdepan dalam menjaga akhlak, kerukunan dan etika itu dari kalangan pesantren," urainya. 

 

Gus Salam berharap menteri agama yang baru dapat menjaga integritas, apalagi ditunjang dengan rekam jejak yang baik. Dengan demikian, potensi yang ada dapat dioptimalkan untuk kebaikan kementerian yang ada.

 

"Kalau bisa mengoptimalkan potensi yang ada bisa menjadi rujukan dunia di tengah islamophobia di dunia ini," pungkas dia. 

 

Keenam menteri yang akan dilantik hari ini, Rabu (23/12/2020) adalah Tri Rismaharini sebagai menteri sosial menggantikan Juliari Batubara. 

 

Kedua, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sandiaga menggantikan posisi Wishnutama Kusubandio.

 

Ketiga, Budi Gunadi Sadikin sebagai menteri kesehatan menggantikan posisi Terawan Agus Putranto.

 

Keempat, H Yaqut Cholil Quomas atau lebih dikenal sebagai Gus Yaqut sebagai menteri agama. Dirinya menggantikan posisi Fachrul Razi.

 

Kelima, Wahyu Sakti Trenggono untuk menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KP).

Keenam M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan posisi Agus Suparmanto. 


Editor:

Metropolis Terbaru