Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Para Kiai yang Diusulkan NU Jatim untuk Ahwa

Para Kiai yang Diusulkan NU Jatim untuk Ahwa
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim, saat menyampaikan keputusan soal Muktamar NU. (Foto: NOJ/Risma Shavira)
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim, saat menyampaikan keputusan soal Muktamar NU. (Foto: NOJ/Risma Shavira)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan mengusulkan sejumlah nama kiai sepuh masuk dalam daftar anggota Ahlul Halli wal Aqdli (Ahwa) pada Muktamar ke-34 NU di Lampung, 23-26 Desember 2021 mendatang. Ahwa adalah sistem yang dipakai NU dalam pemilihan Rais Aam, berdasarkan keputusan Muktamar ke-33 NU di Jombang tahun 2015 silam.

 

Berdasarkan hasil rapat gabungan antaran PWNU Jatim dan seluruh PCNU pada Selasa kemarin, diputuskan beberapa nama kiai yang akan diusulkan masuk dalam daftar anggota Ahwa.

 

“Dengan hormat kami mohon kesediaan KH Anwar Manshur, KH Nurul Huda Jazuli, KH Fuad Hasan, dan KH Miftachul Akhyar, untuk menjadi anggota Ahwa pada Muktamar ke-34 NU mendatang,” kata KH Anwar Iskandar, Wakil Rais NU Jatim.

 

Hal sama disampaikan oleh KH Marzuki Mustamar, Ketua Tanfidziyah NU Jatim. Dia juga mengamini nama-nama kiai sepuh yang disampaikan oleh Kiai Anwar Iskandar untuk diusulkan jadi anggota Ahwa di Muktamar NU nanti. “Ada Kiai Nurul Huda Jazuli, kemudian Kiai Anwar Manshur sendiri,” ujarnya.

 

Namun demikian, khusus untuk Kiai Anwar Manshur tentu saja kondisional, melihat kondisi kesehatan Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri itu. Bila masih diberi kesempatan untuk mengusulkan nama, ada nama KH Kafabih Mahrus, KH Miftachul Akhyar, KH Fuad Nurhasan Sidogiri, dan KH Ubaidillah Faqih Langitan.

 

Kiai Marzuki menuturkan, para kiai sepuh tersebut sudah diakui keilmuan, wibawa dan pengaruhnya, terutama di lingkungan NU. “Tapi, kan, dipilih se Indonesia, bisa jadi PW yang lain (bilang) cek akehe Jawa Timur.”

Terkait

Metropolis Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini