• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Metropolis

Peluang, Guru Madrasah Bisa Ambil Beasiswa S-2 Ini dari Kemenag

Peluang, Guru Madrasah Bisa Ambil Beasiswa S-2 Ini dari Kemenag
Para guru madrasah saat mengikuti bimbingan teknis. Foto: NU Online Jatim
Para guru madrasah saat mengikuti bimbingan teknis. Foto: NU Online Jatim

Surabaya, NU Online Jatim

Guru madrasah patut bersiap untuk memanfaatkan peluang mendapatkan beasiswa S-2 yang disediakan Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah. Bantuan beasiswa tersebut akan segera dibuka pendaftarannya pada tahun ajaran 2022/2023.


Program beasiswa ini sebagai upaya Kemenag untuk terus memperbaiki kualifikasi guru madrasah.


"Beasiswa ini kami berikan sebagai bentuk dukungan kepada guru madrasah kita agar bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi lagi," kata Direktur GTK Madrasah, Muhammad Zain seperti dikutip laman resmi Kemenag, Jumat (08/07/2022).


Menurutnya, guru madrasah perlu upgrade kualifikasi agara kualitas pendidikan di madrasah semakin baik.


"Dari segi jumlah, masih banyak guru kita yang hanya menyelesaikan pendidikan di tingkat S-1. Diperlukan upgrade kualifikasi agar kualitas pendidikan di madrasah semakin baik," ujarnya.


Zain menjelaskan, tuntutan kualifikasi pendidikan seorang pengajar adalah keniscayaan. Oleh karenanya, pihaknya akan mendorong dan menfasilitasi secara penuh melalui bantuan beasiswa ini. Termasuk dari biaya yang akan ditanggung seluruhnya oleh Direktorat GTK Madrasah. 


"Kami sudah siapkan skema 75 kuota untuk guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan Qur'an Hadits. Rencananya, nanti akan tersebar di beberapa kampus di bawah naungan Kementerian Agama," tandasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru