• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Metropolis

Puluhan Guru Madrasah di Sidoarjo Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

Puluhan Guru Madrasah di Sidoarjo Ikuti Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka
Kepala Kemenag Sidoarjo, Moh Arwani saat membuka bimtek (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Kepala Kemenag Sidoarjo, Moh Arwani saat membuka bimtek (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim
Puluhan guru Madrasah di Sidoarjo mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Sidoarjo, Kamis (12/05/2022). Kurikulum Merdeka yang diluncurkan  Kemendikbud Ristek itu akan diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023.


Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sidoarjo, Moh Arwani menuturkan, kurikulum Merdeka itu disusun guna menciptakan pembelajaran yang adaptif dengan kekhasan dan kebutuhan pembelajaran di masing-masing sekolah atau madrasah.


“Sejalan dengan hal itu, Kemenag menerbitkan Keputusan Menteri Agama atau KMA Nomor 347 tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah,” ujarnya saat membuka acara Bimtek.


Kurikulum Merdeka itu bertujuan untuk memberikan kemandirian madrasah dalam mengelola pendidikan dan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan daya saing madrasah sesuai dengan tuntutan kompetensi abad 21.


"Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di madrasah tentunya harus melalui tahapan pemantauan dan fasilitasi terhadap madrasah yang menerapkan kurikulum ini agar sesuai target dan tepat sasaran," terangnya.


Pria yang juga Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Candi itu berharap, para tenaga pendidik harus mengikuti perkembangan pendidikan. Termasuk dalam memahami secara utuh apa yang tertera pada KMA tersebut sebagai panduan penerapan kurikulum merdeka.


Sementara Kepala MTsN 2 Sidoarjo, Agus Suwito menegaskan kesiapannya untuk menerapkan kurikulum merdeka di madrasah yang ia pimpin. "Di tahun ajaran 2022/2023 mendatang, kurikulum Merdeka akan diberlakukan di Kelas VII," tegasnya.


Oleh karena itu, dirinya berharap bimtek tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru madrasah, baik negeri maupun swasta dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.


Diketahui, bimtek tersebut mengangkat tema ‘Pembelajaran dengan Paradigma Baru dan Berdiferensiasi". Adapun peserta bimtek yang digelar selama tiga hari ini diikuti oleh 74 peserta, yang terdiri 50 guru MTsN 2 Sidoarjo dan 24 guru MTs swasta. Sedang narasumbernya dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo.


Metropolis Terbaru