• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

Penerima Zakat di Bawean Diberi Rombong Jualan, Diharap Jadi Muzakki

Penerima Zakat di Bawean Diberi Rombong Jualan, Diharap Jadi Muzakki
Penyerahan bantuan Rombong Jualan kepada para Mustahik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)
Penyerahan bantuan Rombong Jualan kepada para Mustahik. (Foto: NOJ/ Aminuddin)

Gresik, NU Online Jatim

Koordinator Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean memberikan bantuan rombong jualan untuk tujuh orang mustahik (penerima zakat). Para penerima ini berasal dari Desa Kebuntelukdalam, Desa Daun, Desa Gunungteguh, Desa Kotakusuma dan Desa Sawahmulya. Serah terima ini berlangsung di Halaman Pendopo Kecamatan Sangkapura, Senin (14/11/2022).


R Ahsanul Haq, Sekretaris UPZ Sangkapura menjelaskan, bentuk bantuan rombong sebagai sarana untuk pemberdayaan ekonomi penerima. Pihaknya tidak ingin hanya menyalurkan bantuan yang bersifat konsumtif.


"Harapan dari pengurus Koordinator UPZ Kecamatan Sangkapura bahwa pemberian bantuan rombong ini, jika diibaratkan tidak merupakan pemberian ikan namun memberikan kailnya. Artinya dari pengusaha kecil kami tidak hanya memberikan bantuan langsung tunai, namun sarana dan prasarananya, yakni berupa fasilitas rombong dorong," jelasnya.


Ia berharap, dengan diberikan bantuan yang berupa fasilitas untuk jualan ini, para mustahik nantinya bisa berusaha untuk meningkatkan penghasilannya. Sehingga yang awalnya sebagai mustahik diharapkan menjadi muzakki (orang yang mengeluarkan zakat) ke depannya.


"Dengan bentuk bantuan semacam ini, kami harapkan nantinya bisa meningkatkan usaha dan penghasilannya, sehingga yang tadinya orang yang berstatus mustahik kemudian berubah menjadi muzakki," harapnya.


Acara serah terima ini dihadiri oleh pihak Koordinator UPZ Kecamatan Sangkapura yang diwakili R Akhsanul Haq (Sekretaris Koordinator UPZ), H Moh Saleh (Bendahara Koordinator UPZ), Buang Sari (Bidang IT Koordinator UPZ) dan Moh Muhyiddin (Bagian Pelayanan Lapangan Koordinator UPZ).


Editor:

Metropolis Terbaru