• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Metropolis

PMII di Mojokerto Diminta untuk Perkuat Tiga Trilogi Pergerakan

PMII di Mojokerto Diminta untuk Perkuat Tiga Trilogi Pergerakan
Pelaksanaan Mapaba PMII Rayon Mahbub Djunaidi Komisariat KH. Abdul Chalim Pacet, Mojokerto. (Foto:NOJ/Yulia NH)
Pelaksanaan Mapaba PMII Rayon Mahbub Djunaidi Komisariat KH. Abdul Chalim Pacet, Mojokerto. (Foto:NOJ/Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Mahbub Djunaidi Komisariat KH Abdul Chalim menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) pertama. Acara dipusatkan di gedung Tarbiyah lantai 3 Institut KH Abdul Chalim (Ikhac), Pacet, Mojokerto.

 

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, sejak Sabtu-Ahad (13-14/11/2021). Adapun tema yang diusung ialah ‘Memperkuat Trilogi PMII dan Optimalisasi Kualitas, Guna Meningkatkan Kuantitas’.

 

Ketua PR PMII Mahbub Djunaidi, Roja Lukamanul Khovid mengatakan, sesuai tema yang diusung, bahwa tema trilogi ini sudah menjadi pondasi ataupun pelajaran pokok yang ada di PMII, baik itu Tri Motto, Tri Komitmen, dan Tri Khidmat. 

 

“Karena Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di PMII Ikhac ini dari segi kualitas itu sangat kurang dalam pemahaman keilmuan, yang berakibat sedikit kewalahan mengimbangi dengan yang lainnya,” katanya.

 

Tak hanya itu, menurut Roja, dengan hal tersebut mengupayakan untuk mencari kader-kader terbaik yang sekiranya bisa diajak kerja sama dan berproses bersama untuk merealisasikan cita-cita senior juga tujuan dari PMII.

 

“Sebelumnya kami juga melakukan sosialisasi kepada mahasiswa baru khususnya di kampus Ikhac ini untuk memperkenalkan kepada mereka bagaimana PMII ini, khususnya di Fakultas Dakwah dan Ushuluddin setingkat rayon,” ujar Mahasiswa Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Ikhac Pacet itu.

 

Diadakannya Mapaba ini, lanjutnya, sebagai wadah mahasiswa baru yang masuk di dalam tubuh PMII itu sendiri. Mereka bergabung dan berproses sama teman-temannya yang lain. 

 

“Akan lebih ditekankan untuk doktrinasi sebagai bekal Mahasiswa Baru (Maba) agar tahu arah gerak supaya tidak melenceng dari koridor yang ada di PMII itu sendiri,” tandas Roja.

 

Pria kelahiran Riau itu berharap, ketika melihat teman-teman yang sudah ikut gabung di Mapaba ini, bersama-sama cari pengalaman sebanyak mungkin selagi masih menjadi mahasiswa. 

 

“Karena kader-kader PMII harus mempunyai sifat yang berani, mental yang kuat, dan juga pastinya sama-sama siap dalam berjuang,” pungkasnya.

 

Perlu diketahui, Mapaba ini diikuti kader-kader Maba dengan jumlah peserta internal 37 orang dan eksternal 1 orang.


Metropolis Terbaru