• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Rangkaian Haul ke-20 Riyanto, Ansor Mojokerto Awali Ziarah Rutin

Rangkaian Haul ke-20 Riyanto, Ansor Mojokerto Awali Ziarah Rutin
Kader Ansor Mojokerto saat ziarah ke makam Riyanto, Kamis (24/ 09) malam. (Foto : NOJ/ Ahmad Rofi'i).
Kader Ansor Mojokerto saat ziarah ke makam Riyanto, Kamis (24/ 09) malam. (Foto : NOJ/ Ahmad Rofi'i).

Mojokerto, NU Online Jatim

Menyambut peringatan Haul Riyanto ke - 20, Gerakan Pemuda (GP) Ansor Nahdlatul Ulama (NU) Kota Mojokerto menggelar sejumlah rangkain kegiatan. Salah satunya, yakni ziarah rutin ke makam Riyanto setiap Kamis malam. Sementara rangkaian Haul Riyanto sudah dilaunching pekan lalu oleh PC GP Ansor Kota Mojokerto.

 

Adapun Riyanto merupakan anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang meninggal dunia setelah mengamankan bom saat perayaan natal di salah satu gereja pada tahun 2000 silam. Makam Riyanto terletak di Jalan Sabukalu Kelurahan/ Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto.

 

Kegiatan ziarah ke makam Riyanto tidak hanya dihadiri oleh Banser Kota Mojokerto. Namun, juga diikuti oleh warga sekitar Prajurit Kulon dengan antusias. Itu tidak lain karena warga mengakui aksi kemanusiaan yang sudah dilakukan Riyanto sebelum wafat.

 

"Berkat aksi heroiknya atau pengorbananya (Riyanto) kala itu, kini orang tuanya sudah mendapatkan jaminan kesehatannya sampai meninggal. Adeknya pun punya usaha dari modal bantuan buat Riyanto," kata Ahmad Ashadi Azhar, warga Prajurit Kulon, Kamis (24/ 09/ 2020).

 

Ia berharap, Riyanto juga bisa memberi manfaat kepada warga Prajurit Kulon. "Pastinya akan memberikan banyak manfaat ekonomi buat warga sekitar makam. Ada yang jualan gorengan atau kopi, ada yang bertugas jaga parker," ungkap Ashadi.

 

Sementara itu, cerita tentang Riyanto disampaikan warga Prajurit Kulon lainnya yang pada tahun 2000 menjabat sebagai Kasatkorcab Banser Kota Mojokerto pada tahun 2000.

 

Menurutnya, Riyanto merupakan sosok seorang pemberani. Meskipun terbilang anggota baru dalam pengabdiannya di Banser NU kala itu, namun Riyanto memiliki cita-cita membahagiakan orang tuanya.

 

"Saya Tanya, apa yang kamu harapkan to? Kulo namung pingin wong tuo kulo seneng ndan (saya cuma ingin orang tua seneng ndan), kata Riyanto ketika itu," ungkap Bambang.

 

Ia melanjutkan, kini harapan Riyanto sudah terwujud. "Coba lihat, sekarang orang tua Riyanto sangat bahagia karena banyak orang yang peduli pada keluarganya," lanjutnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Haul Riyanto ke-20, Adam Faizal, memohon doa dan dukungan warga agar para peziarah yang datang ke makam Riyanto bisa berdoa dengan nyaman, dan bisa istiqomah untuk berdoa setiap hari Kamis. "Terutama untuk kegiatan haul yang akan digelar disetiap tahunnya," kata Adam.

 

Rencananya, sejumlah kegiatan akan dilaksanakan sebagai rangkaian Haul ke-20 Riyanto. Sementara acara puncak haul akan dilaksanakan pada 19 Desember 2020 mendatang.

 

Editor : Romza


Editor:

Metropolis Terbaru