• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Ranting NU di Gresik Sumbang Dana Kemanusian untuk Palestina

Ranting NU di Gresik Sumbang Dana Kemanusian untuk Palestina
Penyerahan donasi untuk Palestina dari PRNU Prupuh kepada MWCNU Panceng. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Penyerahan donasi untuk Palestina dari PRNU Prupuh kepada MWCNU Panceng. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi terbesar di dunia yang tidak hanya menangani masalah ubudiyah. Akan tetapi, NU juga sangat peduli dengan kondisi sosial keumatan, baik nasional maupun international.

 

Konflik antara Palestina dan Israel yang notabene bangsa Palestina tertindas dan terjajah oleh Israel menjadi catatan tersendiri bagi Nahdliyin untuk membantu. Peristiwa tersebut tidak seimbang dan memakan banyak korban. Hingga akhirnya penduduk sipil Palestina banyak yang terlantar dan tidak punya tempat tinggal dan perlu bantuan.

 

Semangat untuk membantu ini menjadi ikhtiar bersama Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Prupuh Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik untuk menggalang donasi untuk Palestina.

 

Pengurus Ranting NU Prupuh, H Dhohir mengatakan, penggalangan donasi untuk Palestina tersebut digagas oleh PRNU Prupuh bersama dengan badan otonom (banom). Hal ini menurutnya, merupakan bagian dari bentuk kepedulian dan solidaritas atas konflik berkepanjangan antara Palestina dan Israel.

 

"Alhamdulillah mewakili warga NU Prupuh dan banom, kita bisa berdonasi untuk Palestina sebesar Rp. 8.011.000. Semoga ini bermanfaat," katanya.

 

Pihaknya menambahkan, bahwa donasi tersebut diserahkan kepada pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Panceng. “Untuk selanjutnya akan diserahkkan kepada Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik untuk didonasikan ke Palestina," jelasnya.

 

Penyerahan donasi tersebut bertempat di Kantor Bumdes PRNU Prupuh Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, Ahad (30/05/2021).

 

H Dhohir menambahkan, bahwa dirinya tidak melihat jumlah dan nilai besarnya dana donasi tersebut. Tetapi lebih kepada nilai kepedulian atau solidaritas terhadap sesama saudara Muslim yang sedang dilanda konflik.

 

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua MWCNU Panceng, K Moh Halim, dalam sambutannya, bahwa NU sebagai organisasi terbesar di dunia harus bisa mengayomi saudara Muslim Palestina yang sampai saat ini dilanda konflik berkepanjangan dengan Israel.

 

"Semoga aksi peduli ini bisa diikuti yang lain, baik NU, lembaga, atau pun banom NU lainnya di semua tingkatan," tegas Kiai Halim, sapaannya.

 

Dirinya berharap, hal ini dapat membantu warga Palestina yang sedang konflik. Meskipun donasi yang disalurkan tidak seberapa.

 

“Dan yang paling penting, Palestina dapat segera bebas dan merdeka dari tekanan Israel," pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru