• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Usai Dilantik, Rijalul Ansor di Gresik Diminta Kuatkan Militansi Kader

Usai Dilantik, Rijalul Ansor di Gresik Diminta Kuatkan Militansi Kader
Prosesi pengukuhan pengurus MDS Rijalul Ansor Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Prosesi pengukuhan pengurus MDS Rijalul Ansor Dukun, Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Sebagai sayap Gerakan Pemuda Ansor, Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDSRA) merupakan wadah organisasi yang fokus pada munajat dengan berdzikir dan sholawat. Disebutkan bahwa MDS Rijalul Ansor ini merupakan pasukan langit dalam dimensi doa yang membumi.. 

 

Dalam perkembangannya untuk menyokong khidmah berorganisasi diperlukan adanya pengukuhan atau pelantikan. Hal inilah yang dilakukan oleh MDS Rijalul Ansor Dukun Gresik. Pengukuhan kepengurusan baru masa khidmat 2020-2022 ini terpusat di Masjid Thoriqotul Asyfiya', Desa Babaksari Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik, Jum'at (28/05/2021).

 

Proses pembacaan Surat Keputusan (SK) kepengurusan dibacakan oleh Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Dukun, Syaiful Arif. Sedang pembaiatan dipimpin oleh Gus Atha Syifa Nugraha selaku Ketua MDS Rijalul Ansor Kabupaten Gresik. 

 

Gus Atha, sapaannya mengatakan, bahwai kader Ansor yang merupakan pemuda NU harus bisa menunjukkan militansinya. Hal ini menurutnya dapat dibuktikan dengan keaktifannya dalam menghadiri setiap kegiatan yang dicanangkan oleh GP Ansor dan perangkat organisasinya.

 

“Militansi kita dalam berkhidmah akan terbukti nyata ketika kita rajin hadir dalam berbagai kegiatan GP Ansor,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, kehadiran pada kegiatan GP Ansor atau MDS Rijalul Ansor harus dengan komitmen dan keikhlasan yang sesungguhnya. Sebab pada dasarnya, ketika menghadiri suatu kegiatan itu berarti telah meluangkan waktu untuk berkhidmah. 

 

"Saya berharap, ke depan giat MDS Rijalul Ansor di Dukun bisa lebih baik, selalu kompak, dan tingkat kehadiran semakin masif," harap Gus Atha.

 

Sementara Ketua MDS Rijalul Ansor Dukun, Gus Uzair mengatakan, rutinan MDS Rijalul Ansor ini menjadi ajang silaturahim antar kader GP Ansor, Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dan MDS Rijalul Ansor itu sendiri. Dengan kegiatan ini hendaknya dapat menjalin keakraban dan memperkuat soliditas kader.

 

“Alhamdulillah, kegiatan rutin di masa sebelumnya berjalan dengan baik. Oleh karena itu, kami siap melanjutkan hal ini sebagai ikhtiar bersama pengurus baru dalam berkhidmah," tutur Gus Uzair.

 

Hadir dalam acara ini Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Petisari, Muslimat NU, Fatayat NU, serta IPNU-IPPNU setempat. Acara kemudian diakhiri dengan pembacaan dzikir, shalawat, dan istighatsah bersama.  

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru