• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 17 Agustus 2022

Metropolis

Ketua NU Jatim Minta Nahdliyin Selektif Berdonasi ke Palestina

Ketua NU Jatim Minta Nahdliyin Selektif Berdonasi ke Palestina
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/TRd)
KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jatim. (Foto: NOJ/TRd)

Gresik, NU Online Jatim 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama atau PWNU Jatim mengecam aksi serangan Israel di Jalur Gaza. Selain itu, Nahdliyin atau warga NU juga diminta mewaspadai permintaan sumbangan berkedok peduli Palestina, sehingga harus selektif dalam menyalurkan donasi.

 

Penegasan disampaikan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar usai mengisi ceramah agama dalam rangka haul pendiri Pesantren Mambaul Ihsan. Kegiatan berlangsung di Desa Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Selasa (18/05/2021).

 

Menurut Kiai Marzuki, menyalurkan donasi kepada warga Palestina yang saat ini diserang Israel adalah sah adanya. Namun, Nahdliyin hendaknya tetap waspada agar bantuan yang telah disdermakan tepat sasaran.

 

"Yang harus diwaspadai itu adalah yang membuka donasi katanya untuk Palestina, tapi nyuwun sewu (mohon maaf) mereka himpun dana untuk kepentingan kelompok tertentu," katanya.

 

 Penghimpunan dana yang memanfaatkan isu peduli Palestina ini, kata Kiai Marzuki harus diwaspadai keberadaanya. Jangan sampai warga salah berdonasi, aplagi bantuan tidak sampai untuk warga Palestina.

 

"Kayak begini harus diwaspadai yang manfaatkan isu Palestina. Harus jeli mana yang digunakan untuk Palestina mana yang tidak. Yang kayak begini kita harus cerdas," ucapnya.

 

Terkait agresi militer dan serangan di Jalur Gaza, Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Kota Malang ini turut prihatin. Pemerintah Indonesia harus ikut memaksimalkan fungsi diplomasi internasional.

 

Apalagi di Palestina ada tempat suci tiga agama yakni muslim, yahudi dan kristen. Intinya, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan dan dilawan. Nah yang harus ditentang adalah Israel menjajah Palestina. 

 

"Sekali penjajahan harus dilawan," pungkasnya.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru