• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Metropolis

Gerakkan Perekonomian Pesantren, Kopontren Al-Karimi Gresik Diluncurkan

Gerakkan Perekonomian Pesantren, Kopontren Al-Karimi Gresik Diluncurkan
Proses peluncuran Koperasi Produsen Pondok Pesantren Al-Karimi Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).
Proses peluncuran Koperasi Produsen Pondok Pesantren Al-Karimi Gresik. (Foto: NOJ/M Syafik Hoo).

Gresik, NU Online Jatim

Keberadaan sebuah Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) memiliki dampak yang signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan santri. Selain itu, keberadaannya juga penting bagi masyarakat sekitar atau tetangga pesantren. Ketika pondok pesantren tersebut maju dan berkembang, seyogyanya Kopontren di pesantren tersebut juga berkembang.

 

Akan tetapi, beberapa Kopontren justru tidak demikian. Beberapa Kopontren kurang bisa berkembang dengan baik, sehingga tidak dapat menunjang kebutuhan dan pembiayaan pesantren. Salah satu penyebabnya karena cara pengelolaan kopontren tersebut berorientasi sebagai lembaga sosial, bukan lembaga profit sebagaimana mestinya.

 

Hal inilah yang melatar belakangi atas diluncurkannya Koperasi Produsen Pondok Pesantren Al-Karimi Desa Tebuwung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik, Kamis (20/5/2021). Tentunya, atas ikhtiar bersama dan komitmen yang tinggi untuk dikelola secara profesional.

 

Ketua Kopontren Al-Karimi, Moh Sirojuddin mengatakan, sektor ekonomi di masyarakat inilah yang menjadi fokus garapannya. Dengan melakukan sinergi dengan pelaku ekonomi lainnya di sekitar pondok.

 

"Bahkan, kami sudah melakukan survey terkait bentuk kerjasamanya dengan pelaku ekonomi tersebut," ujarnya.

 

Ia menambahkan, bahwa sektor-sektor yang akan fokus garapan utamanya berkaitan dengan kebutuhan masyarakat luas. Berupa pupuk organik pertanian, peternakan sapi, unggas, dan lain sebagainya.

 

“Ini akan menjadi peluang besar bagi kami dalam menjalankan Kopontren Al-Karimi ini. Karena kondisi di lapangan mayoritas sudah kami petakan," kata Juddin, sapaan akrabnya.

 

Dirinya berharap, ke depannya Kopontren Al-Karimi tersebut bisa bangkit dan berkembang, serta dikenal masyarakat umum. Untuk mencapai hal ini, maka paradigmanya harus diubah. Bahwa koperasi bukanlah lembaga sosial, melainkan koperasi adalah lembaga bisnis atau profit yang bertujuan memperoleh keuntungan.

 

Selain peluncuran Koperasi Produsen Pondok Pesantren, dalam kegiatan ini juga digelar istighosah, yang rutin dilaksanakan Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Al-Karimi.

 

Hadir dalam acara ini Hj Aminatun Habibah Wakil Bupati Gresik, dan Cepi Sukur Laksana Kepala Bidang Kelembagaan dan Kepengawasan Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur. Selain itu, hadir pula Pengurus YPP Al-Karimi KH Murtadlo Abdullah, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Karimi KH Abd Muhshi, Civitas Akademika se-Yayasan Pesantren, serta Himpunan Alumni Pondok Pesantren Al-Karimi (Himappka).

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru