• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 31 Januari 2023

Metropolis

RMINU dan LP Ma’arif NU Jatim Siapkan Mondok Gratis untuk Anak Korban Nanggala-402

RMINU dan LP Ma’arif NU Jatim Siapkan Mondok Gratis untuk Anak Korban Nanggala-402
Pondon Pesantren Lirboyo, Kediri. (Foto: NOJ/gm)
Pondon Pesantren Lirboyo, Kediri. (Foto: NOJ/gm)

Surabaya, NU Online Jatim
Pimpinan Wilayah (PW) Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) Jawa Timur dan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Jawa Timur siap fasilitasi pendidikan bagi putra-putri awak kapal korban KRI Nanggala-402. 
 

Kesiapan ini dikatakan langsung oleh Sekertaris RMI Jatim,H Ahmad Firdausi. Ia mengatakan ini sesuai dengan instruksi Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

 

"Ini adalah inisiatif dari Kiai Marzuki Mustamar. Kami siap menggratiskan pendidikan mondok dan sekolah Bagi putra-putri korban Nanggala-402," kata Ahmad Firdausi, Senin (26/04/2021). 

 

Gus Firdaus sapaan akrabnya mengungkapkan, fasilitas ini tidak hanya untuk sekolah saja. Pihak Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim juga siap memfasilitasi purtra putri korban Nanggala-402 jika ada yang bersedia untuk dipondokkan.

 

"Karena yang disebut Kiai Marzuki mondok dan sekolah di lingkungan NU, maka pondoknya di bawah naungan RMINU Jatim sekolahnya ada di LP Ma'arif," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya itu menyebutkan akan dilakukan koordinasi lanjutan terkait mekanisme sekolah dan mondok gratis ini. Pendataan pun akan segera dilakukan pihaknya, sebab putra-putri korban Nanggala-402 ini tidak berada dalam satu wilayah. 
 

"Terkait mekanismenya ini akan dikoordinasikan lebih lanjut. Tapi kami selaku pelaksana dari instruksi para masyayikh, kami siap melaksanakan," tegasnya. 
 

Tidak hanya itu, pria asli Sidoarjo ini pun mengatakan, fasilitas PWNU Jatim disediakan sebagai bentuk solidaritas dan komitmen kepedulian PWNU Jatim dalam memberikan pendidikan yang layak terhadap anak para korban Nanggala-402. 
 

"Ini adalah bentuk komitmen PWNU Jatim sebagai bentuk rasa duka cita, kebersamaan, kemudian bentuk kepedulian menjamin anak korban dalam mendapatkan pendidikan yang layak," ujarnya. 


Sebelumnya, Ketua PWNU Jatim, Kiai Marzuki mengatakan PWNU siap menggratiskan sekolah dan mondok bagi anak korban Naggala-402.
 

"Saya siapkan gratis (bagi anak-anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402), kalau mau mondok dan sekolah di Pondok Pesantren Sabilurrosyad,” ucap Kiai Marzuki Mustamar. 
 

Selain itu PWNU Jatim juga melalui RMINU Jatim dan LP Ma'arif Jatim menyiapkan paket beasiswa sekolah dan mondok ke beberapa pesantren dan sekolah NU di Jatim.

 

Editor: Risma Savhira


Metropolis Terbaru