• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Metropolis

Sah! Gus Yahya Ketum PBNU 2021-2026 Terpilih

Sah! Gus Yahya Ketum PBNU 2021-2026 Terpilih
Sah! Gus Yahya Ketum PBNU 2021-2026 Terpilih. (Foto: NOJ)
Sah! Gus Yahya Ketum PBNU 2021-2026 Terpilih. (Foto: NOJ)

Bandar Lampung, NU Online Jatim

KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya resmi terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) masa khidmat 2021-2026. Hal tersebut berdasarkan proses pemungutan suara terbuka yang berlangsung di Universitas Lampung, Jum’at (24/12/2021).


Dalam sidang pleno V penetapan ketua umum yang berakhir pukul 10.15 WIB itu, Gus Yahya memperoleh 337 suara. Sedangkan Kiai Said mendapat dukungan 210 peserta sidang. Sementara 1 peserta sidang menyatakan tidak memilih atau batal. Dengan ini, Gus Yahya dianggap sah untuk menakhodai PBNU untuk lima tahun mendatang.


Sebelumnya, pada sidang pleno V penetapan calon, Gus Yahya memperoleh 327 suara. Sedang Kiai Said mendapat dukungan dari 203 peserta sidang. Sementara KH As’ad Said Ali, KH Marzuki  Mustamar, dan Ramadhan Ba'ayo dinyatakan tidak sah sebagai calon Ketum PBNU karena tidak memenuhi syarat sebagaimana tatib Muktamar ke-34 NU.


Gus Yahya dan Kiai Said pun dimintai pernyataan kesediaannya sebagai calon Ketum PBNU. Selain itu, keduanya juga sudah disetujui oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar untuk berkompetisi.


Diketahui, proses pemilihan dengan pemungutan suara terbuka tersebut berdasarkan kesepakatan peserta Muktamar pada sidang pleno I tentang Pembahasan dan Pengesahan Tata Tertib Muktamar ke-34 NU di Universitas Lampung, Rabu (22/12/2021) malam.


Sebelumnya, lokasi pemilihan Ketua Umum PBNU sedianya akan dilaksanakan di Pondok Pesantren Darussa’adah. Namun, karena satu dan lain hal dipindah ke Universitas Lampung.


Dengan hasil itu, Muktamar ke-34 NU yang mengusung tema ‘Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmat untuk Peradaban Dunia’ tersebut dinyatakan selesai.


Metropolis Terbaru