• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

Sambut Harlah ke-88, Ansor Sidoarjo Gelar Lomba Mars Kebangsaan

Sambut Harlah ke-88, Ansor Sidoarjo Gelar Lomba Mars Kebangsaan
Poster Lomba Mars Kebangaan yang digelar GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Poster Lomba Mars Kebangaan yang digelar GP Ansor Sidoarjo. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Menyambut Hari lahir (Harlah) ke-88, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sidoarjo bakal menggelar lomba Mars Kebangsaan. Menariknya, salah satu syarat mengikuti lomba, peserta harus berkolaborasi dengan badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau kecamatan.


Nahwan Mas’udi, Ketua panitia pelaksana, mengatakan, lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 12-15 April 2022 mendatang di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo dan gratis.


“Tujuan diadakannya lomba, selain untuk menyemarakkan peringatan Harlah GP Ansor, juga untuk membangun sinergitas lintas banom serta memupuk semangat kebangsaan,” kata Nahwan kepada NU Online Jatim, Rabu (06/04/2022).


Sekretaris Pimpinan Cabang (PC) Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor Sidoarjo tersebut menambahkan, dalam pelaksanaan lomba Mars Kebangsaan ini, pihaknya menggandeng Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan JTV. Lomba tersebut nantinya akan dikemas dalam acara Kampung Ramadhan Sidoarjo.


“Hingga saat ini, seluruh PAC se-Kabupaten Sidoarjo telah mendaftar sebagai peserta lomba,” imbuhnya.


Dijelaskannya, ada beberapa ketentuan lomba yang harus diikuti oleh peserta. Di antaranya, setiap grup terdiri dari 20 orang dan satu orang dirigen atau pemimpin paduan suara. Selanjutnya, Setiap grup menyanyikan satu lagu wajib (Mars Syubhanul Wathan) dan satu lagu pilihan (Indonesia Pusaka, Bangun Pemuda-Pemudi dan Tanah Airku).


Ketentuan berikutnya, peserta wajib menggunakan dresscode organisasi, aransemen musik pengiring bebas, penampilan sesuai nomor urut hasil technical meeting dan menyerahkan rekomendasi dari masing-masing PAC. Adapun registrasi lomba akan dibuka tanggal 02-10 April 2022.


“Dalam lomba ini akan dipilih tiga grup pemenang dan satu dirigen terbaik, yang menjadi penilaian juri yakni materi vocal, harmonisasi dan all performance. Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan tropi dari JTV,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru