• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Januari 2023

Metropolis

Sambut Ramadhan, Posko Sahur di Sidoarjo Dibikin Cantik

Sambut Ramadhan, Posko Sahur di Sidoarjo Dibikin Cantik
Anggota Ansor-Banser Plumpungan, Sukodono, Sidoarjo, merenovasi posko menyambut Ramadhan. (Foto: NOJ/Ari W)
Anggota Ansor-Banser Plumpungan, Sukodono, Sidoarjo, merenovasi posko menyambut Ramadhan. (Foto: NOJ/Ari W)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ramadhan 1443 Hijriyah tinggal menghitung hari. Menyambut itu, anggota Gerakan Pemuda Ansor di Kecamatan Sukodono mulai menyiapkan posko yang akan digunakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, juga sebagai pusat membangunkan warga saat sahur. Posko direnovasi sehingga terlihat lebih cantik dan apik agar nyaman bagi anggota dan warga yang berjaga-jaga.


Salah satu posko yang disiapkan ialah di Desa Plumpungan. Di sana, Pimpinan Ranting GP Ansor membuka Posko Ramadhan. Kegiatan itu memang rutin digelar setiap bulan Ramadhan. Posko tempat kader Ansor dan warga setempat berjaga-jaga selama Ramadhan pun direnovasi.


Haidar Ali, Ketua PR GP Ansor Plumbungan, mengatakan, posko yang direnovasi bernama Posko Barisan Ansor Serbaguna atau Banser. Nantinya, anggota Banser Plumpungan akan berjaga-jaga selama bulan Ramadhan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


“Kegiatan ini dilaksanakan untuk merenovasi posko Banser yang mengalami sedikit kerusakan akibat terkena panas dan hujan. Area sekitar posko juga dibersihkan agar terlihat lebih asri dan nyaman,” katanya pada Ahad (27/03/2022).


Ahmad Fahrur Rozi, Ketua PAC GP Ansor Sukodono, menjelaskan, kegiatan seperti itu tidak hanya dilaksanakan di Desa Plumpungan. Hampir semua ranting Ansor di kecamatan Sukodono melakukan kegiatan serupa selama Ramadhan.


“Seluruh anggota Ansor-Banser menyiapkan posko jaga Ramadhan, agar nantinya para petugas jaga merasa nyaman dan semangat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Sukodono,” ujarnya.


Dijelaskannya, respons warga atas kegiatan yang diinisiasi Ansor itu sangat baik. Buktinya, warga mengirimkan aneka camilan kepada para anggota Ansor-Banser yang sedang gotong-royong memperbaiki posko siang ini.


“Bahkan, Bapak Kepala Desa Plumbungan terjun langsung membantu para anggota untuk menyelesaikan pekerjaan perbaikan Posko Banser ini. Semoga segala aktivitas kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan selalu diberkahi oleh Allah SWT, desa kita selalu kondusif, aman dan tentram,” pungkas Fahrur.


Penulis: Ari W


Metropolis Terbaru