• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 6 Februari 2023

Metropolis

Santri Denanyar Jombang Ikuti Vaksinasi Covid-19

Santri Denanyar Jombang Ikuti Vaksinasi Covid-19
Gelaran vaksinasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang. (Foto: NOJ/az)
Gelaran vaksinasi di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang. (Foto: NOJ/az)

Jombang, NU Online Jatim

Berbagai upaya tengah dilakukan untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Di bidang pendidikan, pesantren terus berupaya menjaga kesehatan para santri, asatidz, serta masayikh agar tidak terpapar Covid-19, salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi. Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang menggelar vaksinasi untuk 5000 santri pada Jumat (16/07/2021). Rencananya program ini akan digelar hingga Senin (19/07/2021) mendatang.

 

Mazidatul Faizah, Sekretaris Satgas Covid-19 Yayasan Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang mengatakan bahwa vaksinasi untuk santri ini merespons meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia. Sehingga, vaksinasi merupakan ikhtiar dlohir yang sangat penting untuk dilakukan.

 

“Covid-19 di Indonesia khususnya Jawa Timur sedang melonjak tajam. Oleh karena itu, kami mengantisipasi dengan menggelar program vaksinasi santri untuk usia 12-18 tahun. Program vaksinasi ini merupakan salah satu upaya dlohir untuk menjaga santri dari wabah Covid-19. Setidaknya dengan vaksin dapat mengurangi resiko dengan gejala berat,” katanya.

 

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Yayasan Mamba’ul Ma’arif Denanyar juga mengadakan vaksinasi untuk seluruh pengurus, para ustadz, ustadzah, dan karyawan yang berusia 18 tahun ke atas.

 

“Sebelum adanya program vaksin untuk usia 12-18 tahun dari Pemerintah Kabupaten Jombang, pada bulan Januari lalu kami sudah mengadakan vaksinasi bagi seluruh pengurus, para ustadz, ustadzah, dan karyawan yang berusia 18 tahun ke atas,” terang perempuan yang akrab disapa Ning Azah itu.

 

Ning Azah mengungkapkan bahwa sebelum vaksinasi diadakan, para pengurus memberi sosialisasi terkait vaksinasi kepada seluruh wali santri. Hal tersebut bertujuan agar para santri bersedia mengikuti vaksinasi.

 

“Adapun upaya kami agar santri antusias dalam program vaksinasi diantaranya dengan memberikan sosialisasi kepada wali santri. Serta memberikan pemahaman bahwa segenap pengasuh Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar juga telah melakukan vaksinasi agar terhindar dari virus Covid-19,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap, vaksinasi ini bisa menjaga seluruh warga pesantren dari bahaya Covid-19. Serta membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai Covid-19.

 

“Kami berharap ara pengasuh dan seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar terhindar dari wabah Covid-19. Dan vaksin ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat mengatasi wabah covid-19. Karena kita sebagai masyarakat berkewajiban membantu pemimpinnya untuk mengatasi masalah yang ada di negeri ini,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru