• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Madura

Dua RS Pamekasan Optimalkan Generator Oksigen, Emil: Inovasi Bagus

Dua RS Pamekasan Optimalkan Generator Oksigen, Emil: Inovasi Bagus
Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak saat meninjau alat generator oksigen di RSUD Pamekasan, Madura. (Foto: Humas Pemprov Jatim)
Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak saat meninjau alat generator oksigen di RSUD Pamekasan, Madura. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

Pamekasan, NU Online Jatim

Dua Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Pamekasan, Madura, mengoptimalkan alat generator untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien. Generator oksigen adalah alat mengubah udara biasa menjadi oksigen yang dibutuhkan para pasien tanpa menggunakan liquid.

 

Alat generator oksigen di RSUD Muhammad Noer dan RSUD dr H Slamet Martodirdjo itu ditinjau Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak pada Kamis (15/07/2021) kemarin. Ia mengapresiasi upaya dua rumah sakit pelat merah itu di tengah minimnya ketersediaan oksigen karena kendala distribusi dan melonjaknya pasien Covid-19.

 

“Kami bersyukur bahwa ternyata alat ini berfungsi dengan baik dan bisa benar-benar menurunkan beban kebutuhan oksigen liquid,” kata Emil dalam keterangan tertulis diterima pada Jumat (16/07/2021).

 

RSUD dr H Slamet Martodirdjo saat ini memiliki dua unit generator oksigen. Dalam sehari mampu mengasilkan 840 ribu liter yang jika dikonversikan  menghasilkan menghasilkan 140 tabung berukuran besar.

 

Dengan jumlah itu, diharapkan dapat memenuhi oksigen sebanyak 89 pasien. Termasuk untuk mengakomodasi 90 kapasitas tempat tidur dan 15 pasien Covid-19 yang dirawat di halaman RS setempat.

 

"Di tenda pun bisa diberi bantuan oksigen dengan mengandalkan alat yang tadi kita lihat. ini adalah satu teknologi yang sangat bermanfaat yang mudah-mudahan tentunya berjalan terus dengan baik, sehingga bisa benar-benar membantu pengobatan," kata Emil.

 

Emil berharap, dengan adanya alat tersebut, pelayanan sebanyak 60 persen kapasitas RS yang telah terkonversi menjadi layanan isolasi Covid-19 dapat berjalan maksimal. Dengan memastikan generator oksigen tersebut berjalan dengan baik, dapat menjadi landasan untuk mempersiapkan pengadaan alat serupa di RS lain di Jawa Timur.

 

"Saya berharap ini bisa segera dilakukan telaah, setelah itu tidak lama-lama memastikan kebutuhan rumah sakit lain dengan adanya generator oksigen ini," pungkas Emil.


Madura Terbaru