• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 25 September 2022

Metropolis

Sebanyak 186 Rumah di Jatim Rusak Akibat Gempa Blitar

Sebanyak 186 Rumah di Jatim Rusak Akibat Gempa Blitar
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Sebanyak 186 rumah rusak akibat gempa magnitudo 6.2 yang berpusat di Kabupaten Blitar, Jumat (21/05/2021) malam. Ratusan rumah rusak ini ada di tujuh Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

 

Kepala Seksi Kedaruratan . Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim Satriyo Nurseno mengatakan, setelah melakukan pendataan timnya sudah melaksanakan pembersihan rumah-rumah maupun fasilitas umum (fasum) yang menjadi korban gempa. “Saat ini mulai pembersihan di lokasi bersama TNI-Polri dan masyarakat,” katanya, Sabtu (22/05/2021).

 

Dari BPBD Jatim, kerusakan di Kabupaten Blitar ada 103 unit rumah dan sepuluh unit fasum. Satu orang dilaporkan mengalami luka berat. Tidak ada korban meninggal dunia.

 

Sedangkan di Kabupaten Malang, 27 unit rumah dan lima unit fasum rusak. Satu orang mengalami luka ringan. Tidak ada korban meninggal. Selanjutnya, di Kabupaten Lumajang, 19 unit rumah mengalami kerusakan. Tidak ada korban luka maupun meninggal.

 

Untuk di Kota Malang, hanya satu unit rumah rusak. Tidak ada korban luka dan meninggal. Sementara di Kabupaten Pasuruan, 29 unit rumah dan tiga unit fasum mengalami kerusakan. Hanya satu orang luka ringan. Tidak ada korban meninggal.

 

Adapun di Kota Blitar, empat unit rumah rusak. Tidak ada korban luka maupun meninggal. Di Kabupaten Jember, hanya satu fasum yang mengalami kerusakan. Korban luka dan meninggal dunia nihil. Sementara di Kabupaten Kediri, hanya tiga unit rumah yang mengalami kerusakan.

 

Satriyo menambahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung lokasi kejadian di Blitar. "Ibu Gubernur tadi pagi juga sudah ke lokasi di Wates, Blitar," tandasnya.

 

 

Seperti diketahui, Dari data Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) disebutkan bahwa hari Jumat 21 Mei 2021 pukul 19.09.23 WIB wilayah Blitar dan sekitarnya diguncang gempa tektonik. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 6,2 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Magnitudo 5,9.

 

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 8,63 LS dan 112,34 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km arah Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada kedalaman 110 km.


Editor:

Metropolis Terbaru