• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Metropolis

Semaraknya Peringatan Maulid Nabi di Krembung Sidoarjo

Semaraknya Peringatan Maulid Nabi di Krembung Sidoarjo
Kegiatan Maulid Nabi Muhammad di Krembeng, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)
Kegiatan Maulid Nabi Muhammad di Krembeng, Kabupaten Sidoarjo. (Foto: NOJ/Sutrisno Akbar)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, begitu semarak. Beberapa di antaranya digelar di Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ) Baitul Makmur Tambakrejo dan Madrasah Diniyah Babussalam Awar-awar.

 

Di TPQ Baitul Makmur, kegiatan Maulid Nabi digelar selama dua hari. Seluruh guru, siswa, wali santri, dan masyarakat setempat hadir. Pada hari Senin (18/10), kegiatan yang digelar yaitu selamatan tumpengan bersama wali santri dan warga Dusun Tambaktugu dengan membuat gunungan raksasa berisi berbagai jenis buah-buahan yang disusun setinggi tiga meter.

 

Ustadz Samilan, Ketua Takmir Baitul Makmur yang juga Penasehat TPQ, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kebersamaan antarwarga dengan Pengurus Mushala TPQ Baitul Makmur dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah.

 

"Alhamdulillah, warga di sini guyub rukun dan sangat semangat sekali, sehingga tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena ini juga dilengkapi dengan gunungan raksasa, yaitu buah-buahan yang disusun setinggi tiga meter membentuk segitiga lingkaran dan ditaruh di depan pintu masuk gerbang mushola," katanya.

 

Sementara di hari Selasa (19/10) diisi dengan acara mendongeng yang diikuti secara khusus oleh siswa-siswa TPQ. "Kita fokus pada acaranya anak-anak TPQ yaitu kegiatan mendongeng oleh ustadzahnya dan diba' bergiliran oleh para santri dewasa," Ninik Masruroh, Kepala TPQ Baitul Makmur.

 

Sementara di Madrasah Diniyah Babussalam Awar-awar, peringatan Maulid Nabi Muhammad dipusatkan di masjid Babussalam dengan dihadiri para santri, ustadz-ustadzah, takmir masjid, dan para tokoh masyarakat sekitar.

 

Ustadz Subagio selaku ketua Takmir Masjid Babussalam menuturkan bahwa rangkaian kegiatan Maulid Nabi tersebut adalah untuk meneladani sikap Rasulullah SAW sehingga perlu diisi dengan kegiatan ceramah agama tentang keteladanan Nabi Muhammad SAW.


Metropolis Terbaru