Home Metropolis Warta Pendidikan Malang Raya Pemerintahan Madura Parlemen Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Mitra Pustaka

Duet Siswa MIN 2 Pasuruan Juara Kompetisi Robotik Madrasah Nasional

Duet Siswa MIN 2 Pasuruan Juara Kompetisi Robotik Madrasah Nasional
Rahma Awwani dan Kayla Hanan Afia Setiawan siswa MIN 2 Pasuruan meraih juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional tahun 2021. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)
Rahma Awwani dan Kayla Hanan Afia Setiawan siswa MIN 2 Pasuruan meraih juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional tahun 2021. (Foto: NOJ/ Sutrisno Akbar)

Pasuruan, NU Online Jatim

Rahma Awwani (12) dan Kayla Hanan Afia Setiawan (10) adalah dua siswi kelas enam dan lima Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pasuruan. Baru-baru ini keduanya meraih gelar juara 1 Kompetisi Robotik Madrasah tingkat nasional tahun 2021 kategori Mobile Robotik. Karenanya, ia berhasil membawa pulang uang tunai Rp10 juta dari kejuaraan tersebut.

 

Event tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis). Lomba tersebut dipusatkan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Ahad (17/10).

 

Kepala MIN 2 Pasuruan, Hariyono menyampaikan, bahwa kompetisi tersebut digelar setiap tahun sebagai ajang mencari bakat dari siswa madrasah di bidang ilmu teknologi dan sains.

 

“Ajang ini sebagai bukti bahwa siswa madrasah tidak hanya bisa menguasai ilmu agama saja, tetapi juga mampu bersaing dalam bidang teknologi dan sains,” ujarnya.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kapala MIN 2 Pasuruan usai mengantarkan kedua siswanya mengikuti final dalam kompetisi robotik dua hari di Tangerang.

 

Ia menambahkan, delegasi MIN 2 Pasuruan hampir setiap tahun masuk final dalam ajang tersebut. "Alhamdulillah, setelah tahun kemarin juara 2, tahun ini berhasil meraih juara 1 tingkat nasional. Ini semua berkat bantuan dan dukungan serta doa dari seluruh pihak," ungkapnya.

 

Sementara Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MIN 2 Pasuruan, Mufidah Lidiana berharap, agar peserta didik di MIN 2 Pasuruan tidak hanya pandai secara akademik, namun berprestasi di bidang non Akademik.

 

“Salah satunya dalam ajang kompetisi robotik yang dikuti oleh dua perwakilan siswa MIN 2 Pasuruan tersebut. Penghargaan ini menjadi istimewa menjelang Hari Santri Nasional (HSN) 2021,” ujarnya.

 

Sementara Rahma Awwani saat dikonfirmasi NU Online Jatim menyampaikan rasa bangga dan haru karena hasil karyanya bersama seorang temannya itu bisa menjadi juara 1 tingkat nasional.

 

 

"Alhamdulillah, senang dan tidak menyangka karen kami juga baru belajar. Terima kasih kepada pembimbing, kedua orangtua, bapak kepala madrasah, dan pihak terkait. Semoga bermanfaat,” tandasnya.

Terkait

Tapal Kuda Lainnya

terpopuler

rekomendasi

topik

Terkini