• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Metropolis

Diikuti Satpol PP, Ansor di Sidoarjo Adakan PKD dan Diklatsar

Diikuti Satpol PP, Ansor di Sidoarjo Adakan PKD dan Diklatsar
Pelaksanaan PKD dan Diklatsar Banser PAC GP Ansor Sedati, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)
Pelaksanaan PKD dan Diklatsar Banser PAC GP Ansor Sedati, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sedati mengadakan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Jumat-Ahad (15-17/10). Diklatsar ini juga diikuti seorang anggota Satpol PP setempat.

 

Kegiatan yang mengusung tema 'Ansor Maju Satu Barisan, Seribu Rintangan Patah Semua' ini dipusatkan di Gedung YPI Nurul Huda Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta PKD dan 102 peserta Diklatsar.

 

Pembina PAC GP Ansor Sedati Amin Tohari mengatakan, PKD dan Diklatsar ini adalah yang kedua kalinya digelar oleh PAC GP Ansor Sedati. Hal ini sebagai wujud kaderisasi Ansor dan Banser di wilayah Kecamatan Sedati.

 

“Dengan tujuan mendidik dan menciptakan  kader yang handal dalam menghadapi  tantangan  di tengah masyarakat  yang semakin kompleks,” katanya kepada NU Online Jatim, Ahad (17/10).

 

Hal senada juga disampaikan Ketua PAC GP Ansor Sedati, Abdul Habib. Bahwa PKD dan Diklatsar ini merupakan pendidikan kader formal tingkat dasar bagi anggota Ansor dan Banser serta sebagai persyaratan untuk menjadi kader.

 

“Harapannya, setelah pelaksanaan ini muncul kader baru yang dipersiapkan untuk memimpin  Ansor ke depan  dalam rangka persiapan konferensi PAC GP Ansor sedati  yang akan diselenggarakan dua bulan ke depan,” tegasnya.

 

Disebutkan, bahwa kepesesertaan tidak hanya berasal dari wilayah Kecamatan Sedati, namun juga ada beberapa peserta utusan dari Kecamatan Tanggulangin dan Gedangan. Bahkan ada pula peserta dari Kabupaten Mojokerto.

 

“Menariknya, dari sejumlah 102 orang peserta Diklatsar tersebut terdapat satu orang anggota Satpol PP, sedangkan peserta PKD diikuti oleh beberapa kiai muda atau Gus,” terangnya.

 

Abdul Habib menjelaskan, instruktur yang dihadirkan panitia dalam kegiatan ini berasal dari beberapa unsur, di antaranya PC GP Ansor Sidoarjo, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Sedati, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sedati, serta cucu KH Abdul Wahab Chasbullah, yakni KH Azam Khoiruman Najib.

 

“Peserta mendapatkan materi ke-NUan, Aswaja, ke-Ansoran, ke-Banseran, baris-berbaris, lalu-lintas, dan cyber,” ungkapnya.

 

Dijelaskannya, dalam pembukaan PKD dan Diklatsar PAC GP Ansor Sedati pada Jum’at (15/10) lalu telah dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H Subandi dan Ketua PC GP Ansor Sidoarjo H Rizza Ali Faizin. Turut hadir pula Forkopimka Sedati, pengurus MWCNU Sedati beserta badan otonom (banom), pengurus YPI Nurul Huda, Kepala Desa se-Kecamatan Sedati, dan tamu undangan lainnya.

 

“Kami menyampaikan terima kasih kepada PC GP Ansor Sidoarjo, Satkorcab Banser Sidoarjo, MWCNU Sedati beserta Banom, Forkopimka Sedati, dan pengurus YPI Nurul Huda yang ikut membantu menyukseskan PKD dan Diklatsar ini,” pungkasnya.


Metropolis Terbaru