• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Metropolis

Siapkan Kader NU Militan, IPNU-IPPNU UINSA Adakan Lakmud

Siapkan Kader NU Militan, IPNU-IPPNU UINSA Adakan Lakmud
Salah satu forum Lakmud yang diadakan PKPT IPNU-IPPNU UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/ Athi''Arofatul Faricha)
Salah satu forum Lakmud yang diadakan PKPT IPNU-IPPNU UINSA Surabaya. (Foto: NOJ/ Athi''Arofatul Faricha)

Surabaya, NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri Sunana Ampel (UINSA) Surabaya menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) di kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jumat-Ahad (1-19/06/2022).


Kegiatan ini sengaja digelar sebagai ikhtiar untuk mencetak kader NU guna dapat memerangi paham-paham di luar Ahlu Sunnah wal Jamaah (Aswaja) yang kian hari makin mengganas, serta dapat memfilter informasi negatif di era modern ini.


Agenda yang diikuti oleh kurang lebih tiga puluh enam peserta ini mengusung tema ‘Rekonstruksi Esensialitas: Membentuk Kader NU yang Berintegritas’. Puluhan peserta tersebut merupakan kader dari internal UINSA dan sejumlah perguruan tinggi lain.


Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU Kecamatan Porong, Abdul Wahab mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berpesan supaya para kader yang mengikuti  kegiatan Lakmud benar-benar dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan serta bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat.


Dengan diusungnya tema rekonstruksi esensialitas ini, diharapkan bahwa para kader semangat untuk memperbaharui atau ‘merenovasi’ niat mereka dalam berkiprah di organisasi Nahdlatul Ulama, khususnya IPNU-IPPNU.


“Setelah terbentuknya semangat yang baru, kemudian penanaman konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai keluhuran dan keyakinan yang termuat dalam organisasi Nahdlatul Ulama sesuai yang telah tekandung dalam paham Aswaja An-Nahdliyah,” ujarnya.


Sementara itu, Ketua Umum PKPT IPNU UINSA, Iqbal Nafi’ berpesan agar kader IPNU-IPPNU bisa memberikan kontribusi terbaiknya di organisasi. Serta mengabdikan dirinya dengan loyalitas dan totalitas yang tinggi.


“Sehingga mampu membawa arus perubahan yang signifikan bagi perkembangan PKPT di era modernisasi dan mampu menjaga esensialitas dan eksistensi PKPT IPNU-IPPNU  UINSA dalam menjadi tolak ukur PKPT di Nusantara,” ungkapnya.


Penulis: Athi''Arofatul Faricha


Editor:

Metropolis Terbaru