• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Metropolis

Ikhtiar IPNU-IPPNU Mojokerto Percepat Kaderisasi di Pesantren dan Sekolah

Ikhtiar IPNU-IPPNU Mojokerto Percepat Kaderisasi di Pesantren dan Sekolah
Upaya serius dilakukan PC IPNU-IPPNU dalam mengoptimalkan kaderisasi di pesantren dan sekolah.
Upaya serius dilakukan PC IPNU-IPPNU dalam mengoptimalkan kaderisasi di pesantren dan sekolah.

Mojokerto, NU Online Jatim

Sejumlah cara dilakukan demi memastikan kaderisasi yang dilakukan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di kawasan Kabupaten Mojokerto berjalan sesuai harapan.

 

Karenanya, Pimpinan Cabang (PC) IPNU dan IPPNU Kabupaten Mojokerto menggelar 'Bincang Komisariat'. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai Sabtu-Ahad (04-5/12/2021).

 

Kegiatan ini baru diselenggarakan oleh PC IPNU departemen Jaringan Sekolah dan Pesantren (JSP). Namun demikian acara akan ditindak lanjuti dalam agenda selanjutnya, yakni 'One Week One Komisariat'. 

 

Wakil Ketua PC IPNU Bidang JSP, Ahmad Althof' Athoillah menyatakan, kegiatan ini diinisiasi sebagai langkah strategis. Yakni untuk mempercepat kaderisasi di wilayah sekolah dan pesantren.

 

"Baik itu tingkatannya mulai dari MTs, SMP, SMA, SMK, MA maupun pondok pesantren nantinya," katanya.

 

Ia menjelaskan, kegiatan ini bersifat terjun ke bawah atau turba ke beberapa daerah di seluruh kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Dan agar kegiatan berlangsung efektif, sejumlah terobosan dilakukan.

 

"Kami bagi menjadi 5 koordinasi wilayah supaya cepat memudahkan akses sesuai dengan visi misi, yakni akselerasi komisariat," ungkapnya.

 

Althof' berharap dengan adanya kegiatan ini Pimpinan Anak Cabang (PAC) dapat mengimplementasikan beberapa hasil musyawarah dan instruksi. Yaitu yang diberikan Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU dan PW IPNU IPPNU Jawa Timur. Karena dalam keanyataannya, instruksi tersebut masih mengalami kendala dalam realisasinya.

 

"Ini mengingatkan juga bahwa beberapa tahun terakhir ini PC IPNU IPPNU Kabupaten Mojokerto masih mempunyai komisariat yang terbatas," pungkas Althof'.

 

Editor: Syaifullah

 


Editor:

Metropolis Terbaru