• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Metropolis

Mengenal Nurul Iftitah, Miss Hijab Jatim 2021 Asal Mojokerto

Mengenal Nurul Iftitah, Miss Hijab Jatim 2021 Asal Mojokerto
Nurul Iftitah (tengah-depan), perempuan asal Kabupaten Mojokerto terpilih Miss Hijab Jatim 2021. (Foto: Yulia NH)
Nurul Iftitah (tengah-depan), perempuan asal Kabupaten Mojokerto terpilih Miss Hijab Jatim 2021. (Foto: Yulia NH)

Mojokerto, NU Online Jatim

Prestasi apik diraih oleh Nurul Iftitah, perempuan asal Desa Kemantren, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto. Pasalnya, ia baru saja berhasil menjadi pemenang dalam ajang kontes Beauty Pageant Muslimah Miss Hijab Jawa Timur 2021.

 

Grand final Miss Hijab Jatim ini digelar di Grand City, Kota Surabaya pada Ahad (10/10/2021) lalu. Selanjutnya, ia akan mengikuti ajang ajang Miss Hijab Indonesia 2021 yang akan digelar pada 09 Desember 2021 mendatang di Favemax Hotel Surabaya.

 

Titah, sapaan akrabnya menjelaskan, awal mula tertarik untuk daftar ajang Miss Hijab Jatim karena kompetisi perempuan muslimah berhijab. Selain itu, juga didukung tema yang berkaitan dengan pendidikan dan sosial, yang merupakan konsennya saat ini.
 


“Dari 100 orang yg mendaftar dari berbagai kota dan kabupaten di Mojokerto, hanya 20 orang yang diambil untuk finalis dan mengikuti karantina,” katanya kepada NU Online Jatim, Jum’at (03/12/2021). 

 

irinya pun mengaku beberapa kali mengikuti tes untuk babak penyisihan. Mulai dari tes mengaji, publik speaking, tes kepribadian, presentasi advokasi dan tes catwalk. Hingga akhirnya dirinya lolos babak 20 besar finalis Miss Hijab Jatim. 

 

Selama karantina, menurut Titah, semua finalis bersaing secara sehat. Semuanya banyak mempelajari ilmu-ilmu baru dari mentor atau pun sesama peserta. 

 

“Dan, alhamdulillah di malam grand final saya terpilih menjadi pemenang Miss Hijab Jatim 2021,” ujar lulusan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) itu.

 

Program kerja yang ia usung dalam ajang tersebut adalah pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit. Dengan mendukung program pemerintah Provinsi Jawa Timur, yaitu One Pesantren One Product (OPOP).

 

“Saya memberikan pelatihan kepada santri Pondok Pesantren Darul Hikmah, sebanyak 10 hingga 20 peserta,” terangnya.

 

Alumni Pondok Pesantren Al-Amin Mojokerto ini mengaku, selanjutnya ke depan dirinya tidak hanya akan memberikan pelatihan di  Pondok Pesantren Darul Hikmah saja. Akan tetapi di pesantren-pesantren lain dengan melakukan kolaborasi.

 

Terkait persiapannya di ajang Miss Hijab Indonesia nanti, dirinya menyebutkan tengah berlatih publik speaking, serta menyelesaikan semua tugas. “Mulai dari tugas photoshoot baju adat, office look, dan gaun,” ungkapnya. 

 

Titah menyebutkan, untuk tugas videonya dirinya menyiapkan video tilawah, video profil, dan video advokasi. Video-video tersebut sudah diupload di akun instagramnya @titahtytah. 

 

Saat ini, dirinya membutuhkan dukungan seluruh masyarakat, khususnya Jawa Timur dan Mojokerto, untuk menekan tombol suka (like) pada fotonya dirinya yang diposting di akun instagram @officalmisshijabindonesia.

 

 

“Mohon doa dan dukungan semuanya. Insyaallah, ke depan akan lebih semangat lagi untuk mengedukasi perempuan muslimah tentang pentingnya memakai hijab dan menyuarakan hijab tidak membatasi untuk berkarya dan berprestasi,” tandasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Metropolis Terbaru