• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Metropolis

Simposium Nasional, MATAN Hadirkan Spiritual di Tengah Era Teknologi

Simposium Nasional, MATAN Hadirkan Spiritual di Tengah Era Teknologi
Kegiatan Simposium Nasional MATAN. (Foto: NOJ/Mumu)
Kegiatan Simposium Nasional MATAN. (Foto: NOJ/Mumu)

Lampung, NU Online Jatim

Revolusi industri 4.0 dan sicoerty 5.0 menghadirkan teknologi yang sangat canggih dan menarik. Namun secanggih apa pun teknologi tidak bisa menggantikan peran utama spiritual. Hal tersebut diampaikan oleh KH Ahmad Nafi’ saat kegiatan Simposium Nasional Mahasiswa Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (MATAN) di Pondok Pesantren Darul ‘Amal Metro, Lampung, Rabu (22/12/2021).

 

“Teknologi itu tidak bisa menggantikan spiritual, jadi di sini peran strategis MATAN,” kata Kiai Nafi’.

 

Selaras dengan Plt Ketua Umum MATAN Gus Hasan Chabibie, revolusi industri dan society 5.0 adalah antiklimaks kita menjadi budaknya teknologi.

 

“Titik jenuh yang disebabkan krisis spiritual itu telah terjadi. Banyak di negara maju orang bunuh diri karena kurang hal tersebut,” jelasnya.

 

Kemudian ia menambahkan dengan sebuah pertanyaan terkait teknologi dan tarekat.

 

“Apakah dunia pesantren khususnya pegiat tarekat bisa berpelukan mesra dengan teknologi?”, paparnya.

 

Lebih lanjut, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud) RI itu mengungkapkan, tema simposium MATAN sesuai dengan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo PBNU, KH Miftachul Akhyar dalam sambutan pembukaan Muktamar ke-34 NU.

 

“Tema ini tidak disangka sama dengan yang disampaikan oleh Pak Jokowi dan KH Miftachul Akhyar,” ungkapnya.

 

Kegiatan simpisoum Nasional MATAN ini diadakan secara offline dan online dengan tema ‘Revolusi Industrial, Society 5.0, dan Tasawwuf: Positioning MATAN Jelang 100 Tahun NU'. Seluruh peserta juga sangat antusias mengikutinya. Di akhir acara ada penampilan hiburan dari Varid Putra Mbah Surip.


Metropolis Terbaru