• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Metropolis

Siswa SMP Khadijah 2 Sampaikan Khutbah Jumat di Masjid Diknas

Siswa SMP Khadijah 2 Sampaikan Khutbah Jumat di Masjid Diknas
Dua siswa SMP Khadijah 2 bersama Kepala Dinas Pendidikan, staff dan takmir Masjid  usai shalat Jumat. (NOJ/Boy Ardiansyah)
Dua siswa SMP Khadijah 2 bersama Kepala Dinas Pendidikan, staff dan takmir Masjid  usai shalat Jumat. (NOJ/Boy Ardiansyah)

Surabaya, NU Online Jatim
Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Khadijah 2 Surabaya terus mengukir prestasi. Kali ini, mendapat kepercayaan untuk menjadi bilal dan menyampaikan khutbah Jumat di Masjid Nurul Faizin Diknas Kota Surabaya, Jumat (07/01/2022).
 

Dua siswa tersebut adalah Muhammad Alfin Arrosyid kelas 9B yang menjadi khatib dan Nuril Huda kelas 9A menjadi bilal. Materi yang disampaikan oleh siswa yang sudah mempunyai syahadah Tartil Al-Qur’an dari Pesantren Ilmu Al-Qur'an Singosari Malang itu seputar kiat sukses menuntut ilmu.
 

Dalam khutbahnya, Alfin mengutarakan terlebih dahulu siapa saja yang akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
 

“Dalam Al-Qur’an surat Al-Mujadalah ayat 11 diterangkan bahwa Allah SWT akan mengangkat orang-orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajat,” katanya.
 

Alfin kemudian menjelaskan bagaimana supaya umat muslim masuk menjadi kelompok orang-orang yang diangkat derajatnya oleh Allah SWT dengan jalan menimba ilmu yang sukses. 
Dijelaskan ada 6 hal yang menjadi prasyarat supaya umat muslim sukses dalam menuntut ilmu. Sebagai mana keterangan dari kitab Ta'limul Muta'llim karya Syaikh Azzarnuji.
 

“Pertama kecerdasan, kedua semangat (kemauan), ketiga kesabaran, keempat biaya, kelima melalui bimbingan guru, dan keenam membutuhkan waktu yang lama (tidak instan). Bilamana seorang yang mencari ilmu melakukan 6 hal ini, insyaallah akan mendapatkan ilmu yang diharapkan,” ungkap dia.
 

Selesai khutbah, jamaah yang mayoritas  Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk juga Yusuf Masruh selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya melaksanakan shalat Jumat dengan imam Ustadz Muhammad Chariri, guru agama SMP Khadijah 2.
 

Setelah pelaksanaan shalat Jumat, kepala dinas pendidikan yang baru dilantik akhir Desember 2021 itu mengungkapkan terima kasih. Juga mengampaikan apresiasi kepada siswa SMP Khadijah 2 yang sudah berani dan mampu menjadi khatib Jumat. 
 

Dirinya juga mengaku sangat mendukung kepada siswa yang mempunyai potensi keagamaan seperti ini (bisa menjadi khatib) diberikan pembinaan yang kontinu.
 

"Mereka yang sudah pernah khutbah di sini (Masjid Diknas Surabaya) didata lagi siapa saja dan diberi pembinaan,” katanya di depan staf diknas dan takmir Majid Nurul Faizin.
 

Senada dengan itu, Ustadz Chariri juga menyampaikan terima kasih. Apalagi memberikan kepercayaan kepada siswa SMP Khadijah 2 bisa memberikan khutbah Jumat.
 

Menurutnya, siswa di sekolahnya diberikan bekal kompetensi keagamaan termasuk kompetensi baca Al-Qur’an. Diharapkan mampu menjadi pemimpin di tengah masyarakat dengan ilmu dan akhlakul karimah yang dimiliki. 
 

“Sehingga hal ini tetap menjadi kebanggaan orang tua, melihat proses pendidikan anak-anaknya mempunyai ilmu yang bermanfaat,” ujarnya keluarga Pesantren Annajiyah itu.


Editor:

Metropolis Terbaru