• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Tasyakuran Hari Santri, 19 Ranting Ansor di Sidoarjo Shalawatan Serta Istighosah Bersama

Tasyakuran Hari Santri, 19 Ranting Ansor di Sidoarjo Shalawatan Serta Istighosah Bersama
Pembacaan Rotibul Haddad bersama dalam acara Dzikir dan Shalawat, peringatan Hari Santri, di masjid Badrul Hasan, Dusun Keling, Desa Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo, Sabtu (24/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Pembacaan Rotibul Haddad bersama dalam acara Dzikir dan Shalawat, peringatan Hari Santri, di masjid Badrul Hasan, Dusun Keling, Desa Jumputrejo, Sukodono, Sidoarjo, Sabtu (24/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Banyak ragam kegiatan yang digelar nahdliyin di Kabupaten Sidoarjo sebagai ungkapan rasa syukur dan kegembiraan dalam rangka menyambut Hari Santri. Seperti yang dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sukodono dengan melaksanakan tasyakuran Hari Santri bersama 19 Pimpinan Ranting dari seluruh desa di Kecamatan setempat secara serentak pada waktu yang sama.

 

Kegiatan yang dikemas dalam  acara majelis dzkir dan shalawat itu dilaksanakan di masjid atau mushalla desa masing-masing, Sabtu (24/10/2020) malam.

 

Ketua PAC GP Ansor Sukodono, H Abdul Muntholib saat di konfirmasi NU Online Jatim menyampaikan, gebyar peringatan Hari Santri tahun 2020 yang mengusung tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat” ditempatkan di ranting-ranting karena masih dalam masa Pandemi Covid-19. Semua itu tidak lain untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus berbahaya tersebut.

 

“Kami menginstruksikan semua ranting untuk menggelar acara shalawat dan dzikir, serta doa bersama serentak. Ini dalam rangka turut menyemarakkan peringatan Hari Santri ditengah masa pandemi ini,” ujar Tholib.

 

Adapun puncak acara akan digelar serentak se-Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (31/10/2020) depan untuk wilayah Sukodono akan dipusatkan di Pendopo Kecamatan. Guna mendukung kegiatan, PAC GP Ansor Sukodono telah mengirimkan bantuan berupa tumpeng gratis ke 19 ranting yang ada di Kecamatan Sukodono. Bantuan tersebut berasal dari sahabat pembina PAC GP Ansor Sukodono, H Sullamul Hadi Nurmawan.

 

“Terimakasih sahabat pembina, H Sullamul Hadi Nurmawan, yang selalu mendukung kegiatan PAC GP Ansor Sukodono. Kami tentukan sejumlah 19 tumpeng, sekaligus sebagai harapan semoga pandemi Covid-19 segera hilang dari bumi tercinta Indonesia ,” ucapnya.

 

Sementara itu, Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, merupakan salah satu ranting yang melaksanakan instruksi  dari PAC GP Ansor Sukodono tersebut. Acara ditempatkan di masjid Badrul Hasan, Dusun Keling, Desa Jumputrejo.

 

Ketua PR GP Ansor Jumputrejo, Moh Winarto dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan yang diberikan oleh PAC GP Ansor Sukodono, pengurus ranting NU, Badan otonom (Banom) dan semua pihak untuk suksesnya acara peringatan Hari Santri tahun 2020.

 

“Acara malam ini digelar serentak se-Kecamatan Sukodono, terimakasih kepada semua pihak yang telah  mendukung terselenggaranya peringatan Hari Santri tahun 2020, khususnya ranting NU yang selalu mendukung kegiatan kami. Semoga semua pihak yang telah mendukung acara ini, diberikan oleh Allah rizki yang barokah,” ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Moh Winarto juga memberikan selamat atas terbentuknya ranting Ikatan Pelajar NU (IPNU) – Ikatan Pelajar Perempuan NU (IPPNU) Jumputrejo beberapa waktu lalu.

 

“Kami ucapkan selamat atas terbentuknya ranting IPNU-IPPNU Jumputrejo, mudah-mudahan bisa menjalankan amanah dengan baik,” tandasnya.

 

Turut hadir dalam acara tersebut, penghulu Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukodono, Pengurus ranting NU, Ketua Ranting Fatayat NU, Muslimat NU, IPNU-IPPNU. Tampak hadir pula pengurus dan anggota PR GP Ansor Jumputrejo, takmir masjid Badrul Hasan, remaja masjid, dan tamu undangan lainnya.

 

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, sambutan-sambutan, pembacaan Rotibul Haddad, istighotsah. Kemudian dilanjutkan pembacaan shalawat Nabi, pemantapan organisasi, dan ditutup dengan doa.

 


 

Sementara itu, pembina PAC GP Ansor Sukodono, H Sullamul Hadi Nurmawan, saat dihubungi NU Online Jatim secara terpisah  memberikan apresiasi  atas digelarnya peringatan Hari Santri tahun 2020 secara serentak oleh 19 ranting GP Ansor di kawasan tersebut.

 

“Luar biasa, semoga membawa berkah buat negeri ini, santri itu pasti hebat dan cinta sama negeri ini,” tegas mantan ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo sekaligus pengusaha muda tersebut.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru