• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 30 November 2022

Metropolis

Tupal Fashion Night Tampilkan Busana Kekinian Khas NU

Tupal Fashion Night Tampilkan Busana Kekinian Khas NU
Busana karya Ning Fiky Aisyah. (Foto: NOJ/istimewa)
Busana karya Ning Fiky Aisyah. (Foto: NOJ/istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim menyebutkan Tupal Fashion Night yang akan berlangsung Kamis (28/07/2022) di Tugu Pahlawan Surabaya bukan meniru fenomena Citayam Fashion Week di Jakarta yang baru-baru ini muncul. 

 

"Tupal Fashion Night itu sudah direncanakan lama. Beberapa bulan sebelum booming Citayam Fashion Week seperti saat ini. Jadi, bukan ikut-ikutan," katanya, Senin (25/07/2022).

 

Tupal Fashion Night ini akan menampilkan gawagis dan nawaning seperti Gus Kautsar dan Ning Jazil, Gus Ahmad dan Ning Sheila, Gus Haris dan Ning Marisa, Gus Amak dan Ning Widad, Lora Nasikh dan Ning Vikcy, Lora Karror dan Ning Aan. 

 

"Walikota Surabaya, Kapolrestabes Surabaya, Rektor Unesa dan istri juga akan tampil. Bahkan Gubernur Jatim juga kita jadwalkan untuk catwalk. Bukan hanya sosoknya, tapi busana yang dikenakan juga fashionabel dengan khas NU," terangnya. 

 

Wakil ketua PWNU Jatim itu menyebutkan salah satu tujuan acara tersebut antara lain pihaknya ingin menyampaikan pesan bahwa kader-kader NU itu juga banyak yang menggeluti dunia fashion. Selain itu, pihaknya ingin menunjukkan bahwa menjadi NU itu mudah. Nilai dasarnya, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. 

 

"Jadi, boleh saja menjadi tukang parkir, pedagang sayur, modeling, guru, atau profesi apa pun. Asalkan seberapa besar dapat memberikan manfaat kepada orang lain. Semakin besar memberikan kemanfaatan, tentu semakin baik pula pribadi orang bersangkutan. Itu salah satu nilai di NU. Konsep besarnya Khoirunnas anfa’uhum linnas," terangnya. 

 

Gus Salam sapaan akrabnya mengungkapkan, beberapa event di acara Kick Off 1 Abad NU ini adalah Harmoni, Kolaborasi, dan Inovasi. Di setiap acara itu memiliki nilai sesuai tema. Dirinya mencontohkan, puisi kebangsaan NU dan Muhammadiyah. 

 

"Di situ kita ingin meneguhkan kembali bahwa hubungan antara NU dan Muhammadiyah yang terjalin sejak lama. Mulai zaman Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari dan KH Ahmad Dahlan, Gus Dur dengan KH AR Fakhruddin sampai sekarang," paparnya.

 

Sedangkan alasan Tugu Pahlawan menjadi tempat karena terkandung satu spirit bahwa kelahiran NU tidak lepas dari Kota Pahlawan. 

 

"Demikian juga gelora atau pergerakan di masa awal kemerdekaan yang tercetus dari Surabaya yakni Resolusi Jihad yang diinisiasi Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari," tutupnya.


Metropolis Terbaru