• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Kick Off 1 Abad NU Jatim Suguhkan Persembahan dengan Nuansa Milenial

Kick Off 1 Abad NU Jatim Suguhkan Persembahan dengan Nuansa Milenial
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)
KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU Jatim. (Foto: NOJ/ Risma Savhira)

Surabaya, NU Online Jatim
Berbagai persiapan terus dilakukan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim untuk menggelar Kick Off Harlah 1 Abad NU. Kegiatan ini menjadi pembuka dari rangkaian kegiatan Harlah 1 Abad NU pada Februari 2023 mendatang. Kick Off Harlah 1 Abad NU ini akan dipusatkan di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (28/07/2022).


KH Abdussalam Shohib, Ketua Panitia Harlah 1 Abad NU mengatakan bahwa kegiatan ini akan banyak melibatkan partisipasi kaum milenial.


"Kita ingin mengenalkan NU khususnya nilai-nilainya kepada generasi penerus dengan cara mereka. Dalam arti memformulasikan acara yang kira-kira disukai dan menarik perhatian kaum milenial," katanya, Kamis (21/07/2022).


Oleh karena itu, PWNU Jawa Timur mengemas acara sesuai dengan tema besar yaitu harmoni, kolaborasi, dan inovasi. Ada beberapa skema dan acara yang belum pernah dilakukan oleh PWNU Jawa Timur. Pertama ada penampilan Ishari milenial dari SMK Walisongo Jabung, Malang.


“Kalau selama ini Ishari terkesan tua, ini yang memainkan adalah siswa-siwa. Ini menarik, artinya kesenian khas NU yang kita rawat juga diminati bagi kaum milenial," terangnya.


Kedua, acara ini juga akan diramaikan dengan Tupal Fashion Night yang akan menampilkan model profesional serta gus dan ning untuk memperagakan busana.


"Tupal Fashion Night akan mengangkat karya desainer pesantren yaitu Ning Ficky. Busana tersebut juga akan diperagakan oleh gawagis dan nawaning seperti Gus Ahmad dan Ning Sheila, Gus Amak dan istri serta yang lainnya," jelasnya.


Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif Denanyar, Jombang itu menuturkan bahwa acara ini juga membawa misi keseimbangan hubungan antar umat beragama. Untuk itu, dalam kick off ini pihaknya mengundang perwakilan lintas agama.


“Bahkan ada penampilan yang disuguhkan dari mereka, seperti barongsai untuk menunjukkan bahwa bagaimana umat non Muslim mengapresiasi perjalanan 1 Abad NU dan harapannya kepada kita. Serta ada penampilan dari Muhammadiyah Jatim," tutur Gus Salam.


Dalam momen ini, panitia juga menghadirkan berbagai elemen masyarakat untuk memberikan suguhan kegiatan khas NU.


"Seperti paduan suara yang menyanyikan Indonesia Raya dan Syubbanul Wathan akan ditampilkan oleh Polrestabes Surabaya yang pesertanya berbagai macam agama. Kemudian, qori' dan sari tilawah berasal dari kalangan TNI. Jadi kita berkolaborasi dengan semua elemen," tutupnya.


Metropolis Terbaru