• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Metropolis

Waspada, Seluruh Kabupaten dan Kota di Jatim Terpapar PMK

Waspada, Seluruh Kabupaten dan Kota di Jatim Terpapar PMK
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

Surabaya, NU Online Jatim

Warga di Jawa Timur perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak. Sebab, hingga kini seluruh kabupaten dan kota di Jatim telah terpapar PMK.


Berdasarkan data Tim Pakar Penanganan PMK, Jatim merupakan satu dari tiga wilayah provinsi yang seluruh kabupaten dan kotanya telah terjangkit wabah virus PMK di Indonesia.


"Data terakhir menunjukkan bahwa Provinsi dengan seluruh kabupaten dan kotanya telah terinfeksi virus PMK adalah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bangka Belitung," kata Wiku Adisasmito, Koordinator Tim Pakar Penanganan PMK saat konferensi pers, Kamis (07/07/2022).


Berbeda denga  tiga provinsi tersebut, ternyata ada 11 Provinsi yang justru belum terdampak PMK. Kesebelas provinsi itu di antaranya; Kalimantan Timur, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara Papua, dan Papua Barat.


Sementara itu, 21 Provinsi yang telah terdampak PMK di antaranya; Riau, Kepulauan Riau, Aceh, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Utara, Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Banten, Bali, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan NTB.


Adapun 4 provinsi terdeteksi di atas 80 persen wilayah kabupaten dan kotanya telah terpapar virus PMK. "Selain itu Jawa Barat 96 persen, Sumatera Barat 84 persen, Jambi 81 persen, DIY 80 persen menjadi provinsi yang lebih dari 80 persen kab/kotanya telah terinfeksi PMK," ungkap Wiku.


Ia menyatakan, satgas penanganan PMK terus berupaya agar 11 Provinsi yang belum terpapar dapat dipertahankan.


"Hal yang saat ini penting perlu diupayakan adalah untuk mempertahankan wilayah yang belum terdampak oleh PMK agar semaksimal mungkin dicegah masuknya virus ini ke wilayah tersebut. Maluku, Maluku Utara, NTT, Sulawesi, dan Papua adalah pulau pulau di Indonesia yang belum terdampak oleh PMK," tandasnya.


Editor:

Metropolis Terbaru