• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Metropolis

Yenny Wahid Dapat Hadiah Tasbih dari Habib Ali Al Jufri

Yenny Wahid Dapat Hadiah Tasbih dari Habib Ali Al Jufri
Yeny Wahid saat satu meja makan bersama Habib Ali Al Jufri. (Foto : NOJ/Boy Ardiansyah)
Yeny Wahid saat satu meja makan bersama Habib Ali Al Jufri. (Foto : NOJ/Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Ketua Badan Inovasi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid atau Yenny Wahid mendapat hadiah tasbih dari Sayyid Al Habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrahman al-Jufri disela-sela acara di Masjid Istiqlal Jakarta.


“Beberapa hari yang lalu, usai acara Seminar Nasional dan Multaqa Internasional di Masjid Istiqlal, saya tiba-tiba mendapat hadiah tasbih dari Habib Ali Al Jufri, ulama karismatik dari Yaman yang merupakan salah satu tokoh muslim paling berpengaruh di dunia,” tulisnya di akun Instagram pribadinya @yennywahid, Selasa (30/08/2022).


Menurut Yenny, tasbih adalah benda yang kerap digunakan dalam ritual doa sejak ribuan tahun lamanya. Tasbih juga merupakan benda yang mungkin dianggap sederhana, namun ia menjadi berharga ketika ada cerita yang menyertainya.


“Mbah Hasyim Asy’ari mendapatkan tasbih dari Syaikhona Kholil Bangkalan sebagai alat penguat ketika Mbah Hasyim sedang dalam proses mendirikan NU,” ujarnya.


Yenny Wahid dalam posting tersebut menyebut Habib Ali Jufri merupakan tokoh yang ia kagumi karena dakwahnya yang humanis, terbuka dan toleran. Disebutkan, salah satu buku yang ditulis tentang Humanity Before Religiosity banyak menginspirasi dan mencerahkan masyarakat dunia tentang ajaran agama yang penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan.


“Bisa bertemu dan berbincang langsung dengan beliau saja sudah merupakan kehormatan bagi saya, apalagi mendapatkan hadiah yang begitu berharga," tuturnya.


Hadiah kedua yang diberikan Habib Ali Al Jufri kepada Yenny Wahid adalah nasehat-nasehat yang bersumber dari hadist Rasulullah SAW, mengenai kepemimpinan. Bahwa seorang pemimpin itu mengemban amanah berat yang akan dipertanggungjawabkan di yaumul hisab nanti. Habib Ali Al Jufri mengingatkan agar tidak terobsesi untuk mendapatkan jabatan hanya karena ingin menjabat.


“Makin kita terobsesi dengan jabatan dan mengejarnya dengan menghalalkan segala cara, maka pertolongan Allah akan makin menjauh dari kita. Terima kasih Habib atas hadiah yang begitu bermakna, semoga saya bisa istiqamah dalam mengamalkannya, terutama untuk tidak membiarkan tasbih saya dalam keadaan ‘lapar’,” tutupnya. 


Metropolis Terbaru