• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 2 Juli 2022

Pantura

Begini Cara IPNU-IPPNU Universitas Billfath Lamongan Perkuat Kepemimpinan

Begini Cara IPNU-IPPNU Universitas Billfath Lamongan Perkuat Kepemimpinan
Penyampaian materi pada Makesta PKPT IPNU IPPNU Univeristas Billfath. (Foto: NOJ/Titik NM)
Penyampaian materi pada Makesta PKPT IPNU IPPNU Univeristas Billfath. (Foto: NOJ/Titik NM)

Lamongan, NU Online Jatim

Ikhtiar serius dilakukan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Billfath Lamongan. Kali ini dengan menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) III.

 

Kegiatan ini dipusatkan di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Cungkup Kecamatan Pucuk yang digelar sejak Jumat hingga Ahad (26-28/11/2021). Peserta kegiatan ini yakni mahasiswa aktif Universitas Billfath dan juga delegasi dari PKPT lain. 

 

“Makesta merupakan jenjang kaderisasi pertama di IPNU IPPNU sehinga kami berharap terhadap kader muda bisa meneruskan estafet para ulama, kiai, dan kaum intelektual untuk meneruskan kepemimpinan di tubuh NU,” kata Ketua PKPT IPNU Universitas Billifath, Muhammad Roissudin. 

 

Disampaikannya bahwa karena zaman terus berubah dan berkembang, berbagai bekal harus dimiliki kaum muda NU “Khususnya kampus, jangan sampai ketinggalan zaman," ungkapnya.

 

M Syaiful Bachri, Ketua PC IPNU Babat mengatakan sebagai anggota IPNU IPPNU harus mempunyai 2 kesadaran yaitu sadar fungsi dan posisi. Yang artinya walaupun berada di masa pandemi, tak menutup semangat dalam melakukan proses kaderisasi.

 

"Bagaimanapun situasi dan kondisinya, IPNU dan IPPNU harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini," jelasnya.

 

H Muhammad Wahib, Pembina PKPT IPNU berpesan bahwa Makesta jangan dijadikan formalitas saja, tapi juga harus dalami dengan mengambil yang positif dan hal negatif dibuang.

 

"Saya harap setelah Makesta lanjut ke pengkaderan berikutnya karena PKPT Billfath ini sudah bukan anak-anak, tapi mahasiswa,” tuturnya.

 

Ia juga berharap kader IPNU IPPNU Billfath nantinya bisa menjadi mahasiswa yang kritis dan aktif. “Juga nantinya bisa terjun ke dunia masyarakat di daerah masing masing,” pungkasnya.


Editor:

Pantura Terbaru