• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU Bangil Dibekali Pengetahuan Ilmu Falak

Pelajar NU Bangil Dibekali Pengetahuan Ilmu Falak
Pelatihan Ilmu Falak yang digelar PC IPNU-IPPNU Bangil bersama LFNU Bangil. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)
Pelatihan Ilmu Falak yang digelar PC IPNU-IPPNU Bangil bersama LFNU Bangil. (Foto: NOJ/ Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bangil menggelar Pelatihan Ilmu Falak Dasar Hisab dan Pengukuran Arah Kiblat Jilid 1.

 

Kegiatan yang bekerja sama dengan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Bangil itu terpusat di Yayasan Pendidikan Ma'arif NU Sunan Ampel Baujeng, Pasuruan, Ahad (28/11/2021).

 

Ketua LFNU Bangil, Muhammad Fauzi mengatakan, bahwa ilmu falak adalah ilmu yang minim peminatnya. Hal tersebut karena ilmu falak adalah disiplin ilmu yang sulit dipelajari.

 

“Selain itu, belajar ilmu falak harus dengan alat yang harganya lumayan mahal. Namun, kita bisa memanfaatkan aplikasi yang ada di play store agar lebih murah,” ujarnya.

 

Menurut Fauzi, pemanfaatan aplikasi di play store tersebut menjadi alternatif untuk mengurangi pengeluaran biaya. Pihaknya pun mengaku akan mengemas pelatihan tersebut semenarik mungkin.

 

"Kami akan mengemas ilmu falak dari klasik sampai modern, sehingga kader IPNU-IPPNU banyak yang tertarik untuk belajar," ungkapnya.

 

Sementara Ketua PC IPNU Bangil, Iwan Ardiansyah menyebutkan bahwa ilmu falak adalah ilmu yang jarang diminati. Oleh karenanya, pelatihan ilmu falak ini tidak dilakukan hanya satu kali pertemuan, melainkan beberapa pertemuan.

 

"Kita sebagai pelajar butuh akan pengetahuan ilmu falak ini. Kita sebagai pelajar NU berkewajiban untuk mempelajarinya, walaupun hukum dasarnya ialah fardlu kifayah," tuturnya.

 

Dirinya berharap, agar kader IPNU-IPPNU semangat belajar bersama-sama terkait ilmu perbintangan tersebut. “Mari, kita terus semangat belajar, sebagai jargon bersama yaitu, belajar, berjuang dan bertakwa," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru