• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Tapal Kuda

Bupati Pasuruan Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren 2021

Bupati Pasuruan Raih Penghargaan Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren 2021
Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf saat menerima penghargaan yang diberikan oleh KH Marzuki Mustamar. (Foto: NOJ/ Fawaid)
Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf saat menerima penghargaan yang diberikan oleh KH Marzuki Mustamar. (Foto: NOJ/ Fawaid)

Pasuruan, NU Online Jatim

Bupati Pasuruan H M Irsyad Yusuf kembali mendapatkan penghargaan. Kali ini, ia mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Peduli Pesantren tahun 2021.

 

Hal itu diberikan dalam kegiatan Webinar dan Puncak Resepsi Hari Lahir (Harlah) ke 2 NU Online Jatim di Studio UBTV Universitas Brawijaya, Jl Veteran Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Kamis (25/11/2021).

 

Gus Irsyad, sapaan akrabnya menyampaikan terima kasih kepada para kiai khususnya di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan yang selama ini memberikan inspirasi kebijakan berbasis kearifan lokal.

 

"Salah satu misi saya adalah bagaimana menyetarakan pendidikan formal dengan pendidikan non formal, termasuk pesantren," ujarnya kepada NU Online Jatim usai menerima penghargaan itu, Kamis (25/11/2021).

 

Dirinya juga menjelaskan salah satu jargon atau program inovasi daerah Pelasan yaitu pelatihan santri. Pelatihan ini bertujuan dengan menumbuhkembangkan wirausaha di kalangan santri berdasarkan potensi unggulan di masing-masing wilayah pesantren.

 

"Jadi jelas, penyebutan itu jelas. Tentu ini menjadi payung hukum bagi dinas-dinas untuk memberikan perhatian khusus kepada pesantren," pungkas Kepala Satuan Koordinasi Wilayah (Kasatkorwil) Banser Jawa Timur itu.

 

Untuk diketahui, Bupati Pasuruan dalam periode pertamanya tahun 2013-2018, misi nomor 2 berkomitmen untuk mewujudkan sumber daya manusia yang cerdas dan berdaya saing melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan yang berbasis sekolah formal dan pondok pesantren.

 

Sedangkan pada periode kedua, misi ke 5 berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dasar terutama pelayanan kesehatan, permukiman dan pendidikan dengan mengintegrasikan pendidikan formal dan non formal sebagai wujud afirmasi pendidikan karakter di Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru