• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Tapal Kuda

Gus Kautsar Harap Santri Intens Doakan Kiai saat Pandemi

Gus Kautsar Harap Santri Intens Doakan Kiai saat Pandemi
KH Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar saat tausiyah di Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
KH Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar saat tausiyah di Kota Probolinggo. (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Kiai muda dari Pesantren Al Falah Ploso, Kabupaten Kediri, KH Abdurrahman Al-Kautsar atau Gus Kautsar mengatakan, di musim pandemi Covid-19 saat ini hendaknya para santri diharap terus mendoakan keselamatan para kiai, guru dan muassis NU.

 

Harapan tersebut disampaikan Gus Kautsar saat peringatan Haul Masyayikh dan Maulid Nabi Muhammmad SAW yang diadakan Ikatan Santri Alumni Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin, Kota Probolinggo. Kegiatan dipusatkan di halaman SMA Sunan Giri Jalan Dr Hamka No 54 Kademangan, Kota Probolinggo, Ahad (14/11/2021).

 

Gus Kautsar mengatakan, di masa pandemi tentu para santri sulit untuk berziarah, bertemu atau sowan langsung dengan kiai. Oleh karenanya, mendoakannya merupakan ziarah atau sowan paling efektif.

 

Namun demikian, berdoa itu bukan karena masa pandemi, akan tetapi harus terus dilakukan oleh santri. “Hal tersebut agar kita mendapatkan barokah para kiai dan muassis NU,” ucapnya.

 

Dengan begitu, menurut Gus Kautsar, para santri insyaallah ilmunya akan bermanfaat, karena terus tersambung dengan para guru, kiai, dan muassis walaupun di tempat yang berbeda.

 

"Semoga kita semua  mendapat keselamatan di dunia dan selalu mendapatkan penjagaan dari Allah SWT," harapnya.

 

Diketahui, hadir dalam acara tersebut Ketua PCNU Kota Probolinggo H Samsur, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo Abdul Mujib.

 

Hadir pula jajaran Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin, antara lain, KH Abdul Milik Haromain, KH Abdul Zabut, KH Abdul Karim, serta santri dan alumni pesantren setempat.


Tapal Kuda Terbaru